Senin, 05 Maret 2018 21:15 WIB

Hadiah Rp456 Juta, Ini Harapan Menpora Imam di Central Celebes Marathon 2018

Editor : Eggi Paksha
Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola (kiri) bersama Menpora Imam Nahrawi (tengah). (foto Esa/Tigapilarnews.com)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Memperingati HUT Provinsi Sulawesi Tengah yang ke-54, pemerintah kota Palu akan menggelar lomba marathon bertaraf international.
 
Event ini bertajuk ‘Central Celebes Marathon 2018’ yang akan diselenggarakan pada 15 April mendatang. Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola menyapa kantor Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, untuk mematangkan rencana tersebut tersebut.
 
Kedatangan Lonki mendapat sambutan dari Imam Nahrawi. Pasalnya, Menteri asal Bangkalan, Madura, itu akan selalu mendukung semua kegiatan olahraga.
 
“Dengan adanya event besar sport tourism ini, masyarakat bisa berkunjung ke Sulawesi Tengah. Karena bukan hanya tertuju pada eventnya saja, Central Celebes Marathon 2018 juga sebagai ajang promosi Asian Games. Serta, sekaligus memperkenalkan destinasi wisata yang ada disana,” kata Imam, Senin (05/03/2018).
 
“Selain itu, event ini juga bisa memunculkan atlet baru dan pelari baru yang memiliki mimpi menjadi yang terbaik. Saya kira semangat ini yang perlu diapresiasi dan saya harus mendukung dan hadir serta ikut maraton. Pemerintah mendukung terobosan ini,” sambungnya.
 
Imam menambahkan, event lari bertaraf Internasional ini juga menjadi momentum untuk mempromosikan gelaran Asian Games 2018. Karena itu, ia menegaskan bahwa pemerintah dan panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) akan mendukung gelaran Central Celebes Marathon 2018.
 
“Ini bisa jadi isu berkelanjutan dan momentum untuk promosi asian games. Tentu pemerintah dan INASGOC menjadikan celebes sebagai promosi asian games karena meski event ini memperingati HUT Sulawesi Tengah, namun ini tetap menjadi hajat nasional,” ujarnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Longki Djanggola mengungkapkan rangkaian Celebes Marathon 2018 ini juga akan disosialisasikan di Jakarta. hal tersebut dilakukan untuk menggaungkan agenda olahraga di Indonesia.
 
“Kami mengadakan ini bertepatan pada ulang tahun provinsi, jadi kami rangkai dengan kegiatan lain sekaligus promosi sulteng. Acara ini digelar pada 15 April dan tanggal 11 Maret akan ada sosialisasi marathon 5 kilo di car free day Jakarta tepatnya depan hotel Sahid Bundaran HI,” ujar Longki.
 
“Dan di Central Celebes Marathon 2018 nanti, kami juga mengundang 19 negara, dan untuk peserta di sekitar 3000, untuk pendaftaran online diluar sulawesi tengah sekitar 500. Selain itu kami juga mengundang atlet nasional saat ini kami menuggu PB PASI,” pungkasnya.
 
Seperti diketahui, Central Celebes Marathon 2018 adalah event lari bertaraf Internasional, event ini juga merupakan yang pertama kalinya di adakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.
 
Target peserta lari yang akan ambil bagian dalam event ini diharapkan tidak kurang dari 1.500 orang terdiri dari atlet nasional, internasional dan daerah. Para atlet akan mengikuti lomba dengan kategori 5K, 10K, Half Marathon 21K dan Full Marathon 42K. Lintasan lari akan melewati tempat-tempat eksotis di kota Palu seperti, pantai, lembah, sungai, dan bukit.
 
Selain itu, pemerintah provinsi Sulawesi Tengah juga sudah menyiapkan bonus uang tunai sebesar Rp456.000.000,- untuk para pemenang.
 
Melalui event ini, juga akan dipromosikan wisata kuliner, alam dan bahari yang dimiliki Sulawesi Tengah kepada peserta maupun penonton yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia dan luar negeri.
 
Para peserta marathon akan disuguhkan dengan antraksi budaya dari kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah, pada 13 Spot Budaya di sepanjang lintasan lari.(exe)

0 Komentar