Kamis, 01 Maret 2018 11:26 WIB

Lagarde Desak Indonesia, ASEAN Terus Lakukan Reformasi

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde telah mendesak Indonesia, bersama dengan rekan-rekan ASEAN-nya, untuk melanjutkan agenda reformasinya untuk prospek ekonomi yang lebih baik dari perkiraan tahun ini.

IMF baru-baru ini memproyeksikan ekonomi dunia akan meningkat 3,9 persen tahun ini dan pada 2019, naik dari estimasi sebelumnya sebesar 3,7 persen.

"Pemerintah dapat menggunakan momen pertumbuhan yang kuat ini untuk memperkuat kerangka kebijakan mereka. Ini termasuk upaya lebih lanjut untuk mereformasi pasar keuangan, meningkatkan undang-undang ketenagakerjaan dan penghalang yang lebih rendah, "kata Lagarde dalam sambutannya dalam sebuah konferensi yang diadakan di Jakarta.

Di antara prioritas kebijakan utama, kata Lagarde, berinvestasi pada sumber daya manusia dan infrastruktur serta memperbaiki lingkungan bisnis dengan memotong pita merah.

Dia kemudian menghubungi negara-negara di kawasan ini untuk mempromosikan pertumbuhan yang lebih inklusif, dengan mengutip sebuah studi IMF yang menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi akan menjadi lebih tangguh jika manfaat pertumbuhan dibagi secara luas di antara populasi.

Bos IMF juga memuji kemajuan Indonesia dalam dua dekade terakhir, di mana negara tersebut berhasil mengurangi tingkat kemiskinan hingga 40 persen, meningkatkan harapan hidup lebih dari 6 persen dan meningkatkan jumlah orang yang menerima pendidikan tersier hingga 250 persen.

"Ini adalah prestasi besar, sebuah representasi dari tren positif yang kita lihat di seluruh negara ASEAN," katanya.

Lagarde juga memuji kemajuan integrasi ekonomi ASEAN. "ASEAN dapat bangga dengan kemajuan yang telah dicapai sejauh ini, termasuk penghapusan tarif intra-regional," tambahnya.


0 Komentar