Sabtu, 24 Februari 2018 10:36 WIB

Kebijakan Ganjil-Genap Akan Menperbanyak Kemacetan di Bekasi

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Rencana otoritas transportasi untuk menerapkan kebijakan nomor plat ganjil-genap untuk membatasi jumlah mobil yang masuk Jakarta dari Bekasi diprediksi akan memperburuk kemacetan lalu lintas di jalan alternatif Jl. Kalimalang.

Kepala satuan lalu lintas Dinas Perhubungan Bekasi Johan Budi Gunawan mengatakan, kebijakan yang rencananya akan diterapkan di pintu masuk jalan tol Bekasi, akan menyebabkan lebih banyak pengendara menggunakan Jl. Kalimalang nontoll akses ke ibu kota.

"Jl. Kalimalang tidak akan bisa menampung lebih banyak mobil yang menuju ke Jakarta atau sebaliknya, "kata Johan, Jumat.

"Jalan tol Becakayu adalah satu-satunya harapan untuk mengurangi kemacetan. Pemerintah harus memotong ongkosnya untuk menarik lebih banyak orang untuk menggunakan jalan tol, "ucapnya pada hari Kamis, mengacu pada jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu yang baru diresmikan yang menghubungkan Bekasi dan Jakarta Timur.

Kebijakan tersebut, tambah Johan, juga akan menyebabkan kemacetan lebih banyak di kota Bekasi.

"Ada baiknya pemerintah berusaha membuat orang beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke moda transportasi umum melalui kebijakan ganjil-genap. Sayangnya, masih banyak lagi orang yang lebih memilih untuk bolak-balik dengan mobil mereka sendiri, "jelasnya.


0 Komentar