Jumat, 23 Februari 2018 01:10 WIB

Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Menggelar Rapat Pimpinan Nasional di Jakarta

Editor : A. Amir

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dari tanggal 21 sampai 23 Februari 2018 di Hotel Kartika Chandra Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Rapimnas yang dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Airlangga Hartanto Menteri Perindustrian (Menperin) didampingi Ketua Umum DPP KSPSI Yorrys Raweyai, Sekjen Rudy Prayitno dan segenap pengurusnya.

Ketua Umum KSPSI Yorrys Raweyai dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar KSPSI menjadi profesional, modern dan mandiri. Apalagi bila melihat situasi saat ini tantangan ketenaga kerjaan dan industri nasional, upah murah, tingkat serapan pasar tenaga kerja yang tak sebanding jumlah angkatan kerja, ekonomi digital yang disrupitive (menciptakan pasar baru). Hal ini mengakibatkan PHK di sektor perbankan, kompetensi pekerja belum memadai, lesunya sektor real.

“Untuk tantangan dari kualitas internal organisasi, potensi perpecahan organisasi, minimnya kader memadai, menurunnya jumlah anggota, perangkat organisasi yang belum sesuai perkembangan teknologi, dan sistem check off system beum dikelola secara baik,” katanya.

"Tidak terproteksinya pekerja lokal dengan pekerja asing, minimnya pengawasan ketenagakerjaan dan produk jaminan sosial belum optimal," menuturkan.

Sementara disela-sela kegiatan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menerangkan, seiring perkembangan zaman bahwa tidak semua kondisi perindustrian memiliki perubahan.

"Dilihat dari sektor makanan dan minuman, batu dan tembakau indutri terbesar dan beberapa sektor tertentu ada perubahan" katanya.

Dia juga menambahkan, pihak industri lain harus mengenal dunia digital yang saat ini berkembang. "Maka dari itu harus adanya pelatihan untuk mengenal dunia digital," mengakhiri.

(A. Amir)


0 Komentar