Selasa, 20 Februari 2018 10:01 WIB

77 Warga Sipil Tewas Saat Pengeboman di Ghinka Suriah

Editor : Amri Syahputra

Ghinka, Tigapilarnews.com - Pengeboman Suriah menewaskan setidaknya 77 warga sipil di Ghinka yang dikuasai pemberontak pada hari Senin, sebuah monitor mengatakan, karena pasukan rezim tampaknya bersiap menghadapi serangan darat yang akan segera terjadi.

Eskalasi tersebut terjadi karena pasukan pro-pemerintah juga diperkirakan memasuki daerah kantong Afrin yang dikurung Kurdi utara, untuk menghadapi serangan Turki sebulan di sana.

Diadakan oleh pemberontak sejak 2012, Ghouta Timur adalah tempat oposisi terakhir di sekitar Damaskus dan Presiden Bashar al-Assad telah mengirim bala bantuan ke sana dalam upaya nyata untuk merebutnya kembali.

Seiring PBB mengecam "penderitaan manusia yang tidak masuk akal", rentetan serangan udara, tembakan roket dan artileri membanting ke beberapa kota di Ghouta Timur pada hari Senin.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan setidaknya 20 anak termasuk di antara 77 warga sipil yang terbunuh dalam serangan tersebut, sementara sekitar 300 orang lainnya terluka.

"Rezim tersebut membom Ghouta Timur untuk membuka jalan bagi serangan darat," kata Kepala Observatorium Rami Abdel Rahman.

Oposisi utama Koalisi Nasional, yang berbasis di Turki, mengecam "perang pemusnahan" di Ghouta Timur".

Dalam sebuah pernyataan, pihaknya juga menuduh rezim Rusia berusaha untuk "mengubur proses politik" untuk solusi konflik.

Warga Hammuriyeh bisa terlihat bergegas di dalam rumah dengan panik begitu mereka mendengar suara jet.

Alaa al-Din, seorang warga Suriah berusia 23 tahun di Hammuriyeh, mengatakan bahwa warga sipil takut pada serangan pemerintah yang potensial.

"Nasib Ghouta tidak diketahui Kami tidak memiliki apa-apa selain rahmat Tuhan dan bersembunyi di ruang bawah tanah kami," katanya kepada media. "Tidak ada alternatif lain."


0 Komentar