Senin, 19 Februari 2018 19:36 WIB

PP PDBI Dorong Pengda Perbanyak Kejuaraan

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Persatuan Drumband Indonesia (PP PDBI) berharap agar seluruh pengda-pengda memperbanyak kejuaraan daerah dan usia dini. Dengan demikian cabang olahraga drumband dapat terus dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional.

Demikian dikatakan Ketua Umum PDBI Joko Sarwoko pada pelantikan PDBI oleh KONI Pusat di Jakarta kemarin. Joko akkhirnya dilantik setelah terpilih kembali sebagai Ketua Umum PDBI periode 2017-2021.

PDBI telah berdiri sejak 1977, namun drumband baru dapat dipertandingkan secara eksebisi di PON 2004 Palembang. Sedang pada PON 2008 drumband resmi dipertandingkan dengan perebutan medali di empat nomor diantaranya lomba berbaris jarak pendek, lomba ketahanan dan ketepatan baris-berbaris, lomba baris berbaris dan lomba unjuk gelar.

Sedang pada Pon ke XIX di Jawa Barat 2016, jumlah pertandingannya meningkat menjadi 10 nomor. Diantaranya memperebutkan empat nomor lomba baris-berbaris jarak pendek, empat nomor loma ketahanan dan ketepatan berbaris, satu nomor lomba baris-berbaris dan satu nomor lomba unjuk gelar.

"Perlu perjuangan panjang buat drumband untuk dinyatakan sebagai olahraga ketangkasan dan layak berlaga di PON. Ini harus dipertahankan karena persaingan antarcabor untuk masuk PON sangat ketat. Bahkan di 2016 lalu drumband nyaris tidak dipertandingkan kalau tidak ada lobi-lobi kuat dari pengurus," kata Joko.

Karena itu Joko berharap agar kepengurusannya bekerja keras. Pada kepengurusan kali ini pihaknya akan mencoba menjalankan visi menjadikan organisasi yang mandiri, akuntabel modern berprestasi dan berkarakter.

Agar visi tercapai, PDBI akan terus berkoordinasi dengan KONI, KOI, dan pihak terkait agar drumband dapat dipentaskan di PORKAB, PORKOT, PORPROV dan PON. Termasuk diantaranya dengan pemda Papua, yang akan jadi tuan rumah PON 2020 serta Aceh dan Sumut, selaku kandidat kuat tuan rumah PON 2024. Selain itu akan diadakan pula kejuaraan berjenjang mulai dari tingkat SD, SMP, SMU dan kejuaraan nasional senior tingkat provinsi.


0 Komentar