Senin, 19 Februari 2018 16:34 WIB

Video Gunung Sinabung Kembali Meletus

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gunung berapi Gunung Sinabung meletus Senin, memuntahkan abu vulkanik besar dan asap sekitar 5.000 meter (16.400 kaki) ke udara, pejabat daerah membagikan masker wajah kepada penduduk cegah menghirup asap dan abu Vulkanik Gunung Sinabung.

Gunung Sinabung, di Sumatra Utara, yang telah bergemuruh sejak 2010 dan melihat letusan pada 2016, memuntahkan asap tebal setelah beraktivitas beberapa hari ini.

"Ini adalah letusan terbesar Sinabung tahun ini," kata Kepala Lembaga Vulkanologi Kasbani.

Tidak ada laporan tentang luka atau kematian.

Tidak ada yang tinggal di dalam zona larangan hal tersebut diumumkan sebelumnya di sekitar gunung berapi.

Tapi ratusan rumah di luar zona bahaya tujuh kilometer ditutupi abu vulkanik.

Petugas telah membagikan masker wajah dan mendesak warga setempat untuk tetap berada di dalam rumah untuk menghindari masalah pernafasan, kata pejabat mitigasi bencana Nata Nail Perangin-angin.

"Di beberapa desa, jarak pandang hampir lima meter setelah letusan - itu gelap gulita," Perangin-angin menambahkan.

Sinabung meraung hidup kembali di tahun 2010 untuk pertama kalinya dalam 400 tahun terakhir. Setelah satu periode lagi tidak aktif lagi meletus pada tahun 2013, dan tetap aktif sejak saat itu.

Pada 2016, tujuh orang tewas saat letusan Sinabung, sementara letusan 2014 membuat 16 orang tewas.

Indonesia adalah rumah bagi sekitar 130 gunung berapi karena posisinya di "Cincin Api", sebuah sabuk batas lempeng tektonik yang mengelilingi Laut Pasifik dimana aktivitas seismik yang sering terjadi.


0 Komentar