Senin, 12 Februari 2018 11:55 WIB

Main Bola Jadi Langkah Besar untuk Cegah Osteoporosis

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi bermain sepak bola. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Terbiasa bermain sepak bola, membuat seorang anak memiliki tulang yang lebih kuat.

Demikian hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan belum lama ini. Menurut para peneliti, dari hasil penelitian ditemukan bahwa ada korelasi antara kekuatan tulang dan otot dengan olahraga sepak bola pada anak usia 8-10 tahun.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa olahraga yang intens di sekolah memiliki efek positif yang jelas pada kepadatan tulang, kekuatan otot dan keseimbangan pada anak berusia delapan sampai sepuluh tahun," kata penulis utama studi tersebut, Peter Krustrup, Profesor Olahraga dan Ilmu Kesehatan di Universitas Denmark Selatan, dilansir Zee News. 

Dalam penelitiannya, mereka memeriksa kesehatan tulang dan otot terhadap 295 anak sekolah selama setahun penuh. 

Para periset kemudian membandingkan efek pada anak-anak yang mengikuti kelas pendidikan jasmani normal dengan anak-anak yang memiliki latihan intensif dalam jadwal selama dua jam dalam seminggu, dalam bentuk permainan bola di lapangan kecil. 

Dari sana ditemukan bahwa anak-anak yang latihan intensif, diketahui kekuatan otot mereka meningkat sebesar 10%. Melihat hasil penemuan itu, maka kebiasaan bermain bola di sekolah merupakan langkah besar pertama untuk mencegah osteoporosis di kemudian hari.(exe/snd)


0 Komentar