Sabtu, 27 Januari 2018 16:55 WIB

Lebih dari 300 Peserta Ikuti Lomba Perahu Layar di Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018

Editor : Eggi Paksha
Lomba Perahu Layar bakal digelar di Nongsa Point Marina and Resort Batam, 26-28 Januari 2018. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Pariwisata kembali mempercayakan Batam untuk menggelar even lomba bertaraf internasional.

Kali ini Lomba Perahu Layar yang digelar di Nongsa Point Marina and Resort Batam, 26-28 Januari 2018. Pesertanya? Ada 60 kapal layar yang datang dari beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong dan tuan rumah Indonesia

“Kita support even ini, sudah menjadi tahun ketiga dan akan mendatangkan lebih dari 300 peserta mancanegara dan supporter dari Indonesia dan beberapa negara lainnya,” ujar Deputi Pemasaran I Kemenpar, I Gede Pitana didampingi Hendry Noviardi, Kabid Pemasaran Area II pada Asdep Regional I Deputi Pemasaran I Kemenpar.

Nongsa Regata yang merupakan perlombaan perahu layar dengan memanfaatkan angin utara ini dilaksanakan di Nongsa Point Marina & Resort (NPM) selama tiga hari berturut-turut.

“Boaters sudah mulai datang dan bersandar sejak tanggal 22 Januari lalu‎. Mereka datang lebih awal untuk melakukan persiapan serta membaca kondisi cuaca di lokasi perlombaan. ” terang Ketua Pelaksana sekaligus Manajer Marina, Prakash

Tambah Prakash, Indonesia sendiri akan ikut serta dalam kategori olimpiade seperti Optimist dan Laser. Dan berbeda dengan tahun sebelumnya, pada even ketiga ini, panitia juga menambah cabang perlombaan, yaitu Jetski Round Batam Endurance Race.

“Lomba jetski ini akan diselenggarakan pada tanggal 27 dan 28 januari 2018 dan lomba ini kami buat karena banyaknya permintaan dari peserta dari tahun sebekumnya” lanjut Prakash

Rangkaian lomba akan ditutup pada hari ketiga dengan makan malam bersama yang akan dihadiri oleh peserta perlombaan dan tamu-tamu VIP dari pemerintahan.

Acara penutupan rencananya juga akan dihadiri oleh Presiden Direktur Nongsa Resorts, Mike Wiluan.

“Sebagai penyeleggara, kami berharap even ini dapat menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun internasional terhadap wisata bahari Kepulauan Riau, khususnya Batam,”harapnya.

Dipilihnya NPM sebagai tempat perlombaan karena NPM merupakan satu-satunya resor di Batam dengan fasilitas marina berstandar internasional yang menggunakan 84 kriteria spesifik di enam bidang suasana, kebijakan, perencanaan dan prosedur; layanan pelanggan, lingkungan, fasilitas dan infrastruktur on-water dan on-shore.

NPM sendiri telah menjadi marina pertama di Indonesia yang meraih akreditasi Gold Global Anchor dengan rating 5 Gold Anchors yang didalamnya terdiri lebih dari 200 marjin jangkar Gold yang terakreditasi di lebih dari 32 negara

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi gelaran Nongsa Regatta 2018 ini.

“Kawasan Batam dan Bintan sendiri telah menjadi tujuan favorit wisata yacht dan perahu layar. Berbagai kemudahan dari Bea Cukai Batam pun juga sudah memanfaatkan teknologi digital YachTERS (Yacht Electronic Registration System). Bentuknya berupa aplikasi tersebut pemilik yacht bisa mengurus clearence aproval time Indonesian territory (CAIT) lewat ponsel mereka. Ini yang memudahkan. Selamat berlomba,” kata Menpar Arief Yahya.(ist)


0 Komentar