Sabtu, 27 Januari 2018 12:51 WIB

Indonesia, Malaysia berbagi pengalaman kontra-terorisme dengan India

Editor : Amri Syahputra

New Delhi, Tigapilarnews.com - Presiden Indonesia Joko Widodo (jokowi)  dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak berbagi pengalaman masing-masing negara dalam melawan terorisme selama kunjungan mereka ke India untuk menghadiri KTT Peringatan untuk menandai 25 tahun Kemitraan Dialog ASEAN-India,pada hari Jumat, 26/1/2018.

Pada sebuah Pengarahan, Preeti Saran, Sekretaris (Timur) di Kementerian Luar Negeri India, mengatakan bahwa selama pertemuan bilateral Perdana Menteri Narendra Modi bersama Widodo dan Razak, keduanya mengunjungi para pemimpin "dan berbagi pengalaman dan peraturan mereka sendiri yang telah mereka perkenalkan di negara mereka sendiri ".

"Aspek lunak dan keras dalam melawan terorisme," jelas Saran. "Aspek keras tindakan ketat yang harus dilakukan melalui undang-undang yang memungkinkan dan tindakan lunak dalam hal bagaimana memastikan bahwa kaum muda tidak menempuh jalan ekstremisme atau radikalisasi."

Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbesar, karena lebih dari 61 persen penduduk di Malaysia mengikuti Islam.

Sebuah Deklarasi Delhi yang dikeluarkan setelah KTT hari Kamis mengatakan bahwa kedua negara India dan 10 negara ASEAN sepakat untuk "memperdalam kerja sama dalam memerangi terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya, ekstremisme dan radikalisasi keras melalui berbagi informasi, kerja sama penegakan hukum dan pengembangan kapasitas berdasarkan mekanisme yang dipimpin oleh ASEAN ".

Pernyataan tersebut menegaskan kembali komitmen kedua belah pihak untuk mempromosikan sebuah "pendekatan komprehensif untuk memerangi terorisme melalui kerja sama yang erat dengan melawan teroris, kelompok teroris dan jaringan, termasuk dengan melawan gerakan lintas perbatasan teroris dan pejuang teroris asing dan penyalahgunaan Internet termasuk media sosial oleh entitas teror; memperkuat kerjasama untuk menghentikan upaya pendanaan terorisme, dan mencegah perekrutan anggota kelompok teroris; mendukung upaya penargetan kelompok teroris dan tempat-tempat suci; dan mengambil tindakan mendesak lebih lanjut untuk melawan dan mencegah penyebaran terorisme, sambil menekankan bahwa tidak ada alasan untuk melakukan tindakan teror dengan alasan apapun ".

Sementara Modi mengadakan pertemuan bilateral dengan Widodo pada Kamis malam, dia bertemu dengan Razak pada hari Jumat sore.

Widodo dan Razak termasuk di antara 10 kepala pemerintahan atau negara bagian dari negara-negara anggota Asean yang menghadiri perayaan Hari Republik pada hari Jumat 26/1/2018 sebagai tamu kehormatan, sebuah penghargaan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Asean terdiri dari Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Dengan memberikan ikhtisar KTT Peringatan, Preeti mengatakan, "Semua dari 10 negara Asean menghargai peran India dan hubungan bilateral yang kita nikmati dengan masing-masing dan fakta bahwa India telah memainkan peran positif di wilayah Indo-Pasifik."

"Pesan yang kami dapatkan dari 10 pemimpin tersebut adalah bahwa mereka merasa India adalah komponen yang sangat penting untuk perdamaian, stabilitas dan kemakmuran wilayah Indo-Pasifik," ucapnya.

Menurut Saran, semua 10 pemimpin sangat menghargai pertumbuhan India.

"Semua dari mereka berulang kali mengakui tingkat pertumbuhan yang saat ini sedang dilakukan India, sebagai salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat," katanya.

Dia mengatakan bahwa reformasi yang diperkenalkan untuk memerangi korupsi di India sangat diminati oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte, yang secara khusus menunjukkan ketertarikan pada sistem Aadhaar, ekonomi digital dan transaksi tanpa tunai.

"Itu adalah isu menarik lainnya bagi Singapura yang ingin lebih banyak terlibat dalam transaksi finansial tanpa tunai," kata Saran.


0 Komentar