Rabu, 24 Januari 2018 13:57 WIB

Budi Luhur Kolaborasi dengan Arsitek Muda Australia

Editor : Yusuf Ibrahim
Universitas Budi Luhur melakukan kerja sama dalam bidang Pameran Karya Arsitektur dan Kuliah Umum dengan YoVA4 dari Austria. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sebagai wujud pengembangan dalam dunia pendidikan, maka Program Studi Arsitektur Universitas Budi Luhur melakukan kerja sama dalam bidang Pameran Karya Arsitektur dan Kuliah Umum dengan Young Viennese Architects and Landscape Architects (YoVA4) dari Austria

Kerja sama ini diprakarsai Sugiharto selaku Dosen Universitas Budi Luhur sekaligus pengelola Jogja Gallery yang terletak di Alun-alun Utara Kota Yogyakarta

Diawali dari YoVA4 menyelenggarakan Pameran Karya Arsitektur di Jogja Gallery, Sugiharto membuka jalan bagi Program Studi Arsitektur Universitas Budi Luhur untuk mengikuti kegiatan pameran sekaligus menambahkan dengan kegiatan kuliah umum.

Pameran Karya Arsitektur di Jogja Gallery diselenggarakan mulai tanggal 17 hingga 30 Januari 2018.

Pameran ini menampilkan karya arsitektur dari arsitek muda Austria yang tergabung dalam YoVA4, arsitek Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan beberapa konsultan, serta yang luar biasa adalah 6 karya arsitektur mahasiswa

Program Studi Arsitektur Universitas Budi Luhur yang diambil dari tugas mata kuliah Desain Rumah Bersusun dibawah bimbingan Putri Suryandari.

Pembukaan pameran dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2018 dihadiri oleh Sugiharto selaku Direktur Utama dan KRMT. Indro ‘Kimpling” Suseno selaku Direktur Executive dari Jogja Gallery, Thomas Weber dan Michael Salvi selaku arsitek dari YoVA4, Munichy B. Edrees, IAI, Aa selaku ketua IAI Yogyakarta dan Anggraeni Dyah selaku Ketua Program Studi Arsitektur Universitas Budi Luhur.

Dalam kesempatan ini hadir juga Kartika Affandi yang merupakan pelukis wanita Indonesia yang juga anak dari Pelukis Maestro Affandi.

Kuliah Umum diselenggarakan pada tanggal 19 Januari 2018 di Universitas Budi Luhur. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Budi Luhur dan dosen-dosen yang tergabung dalam kerjasama 9 PTS Program Studi Arsitektur di Kopertis Wilayah 3.

Tema yang diangkat dalam kuliah umum ini adalah Trans Austria dan Urban Living yang disampaikan oleh 2 arsitek dari YoVA4, yaitu Thomas Weber dan Michael Salvi. Acara diresmikan Wendi Usino, selaku Deputi Rektor Bidang Akademik Universitas Budi Luhur dan Wakil Duta Besar Austria Josko Emrich.

Dengan didapatkannya informasi tentang perkembangan arsitektur di Austria, maka terbukalah wawasan bagi para peserta bahwa perkembangan jaman akan diikuti oleh perkembangan dunia arsitektur.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ahmad Djuhara, IAI selaku Ketua IAI dan beberapa arsitek dari beberapa konsultan arsitek di Jakarta.(ist)


0 Komentar