Kamis, 18 Januari 2018 13:16 WIB

Babinsa Bantu Warga Semprot Tanaman Padi, Antisipasi Hama

Editor : Amri Syahputra

Cilacap, Tigapilarnews.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Planjan Koramil 06/Kesugihan, Kodim 0703/Cilacap, Sertu Rasidi pendapingan petani melakukan penyemprotan tanaman padi di sawah milik Muftazani anggota kelompok tani "Tani Jaya" Desa Planjan, Kecamatan Kesugihan, Rabu, 17/01/2018.

Menurut Sertu Rasidi, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi hama serta pemberian nutrisi pada tanaman padi varietas Mapan yang sudah berumur 50 hari.

Penyemprotan ini untuk mengantisipasi hama wereng coklat dan hama ulat pengulung daun yang sudah mulai terlihat pada beberapa tanaman. Selain itu,  juga untuk memberikan nutrisi kesuburan terhadap tanaman padi yang sudah mulai berbuah.

Babinsa Desa Planjan, Sertu Rasidi pada kesempatan tersebut juga mengajak para petani untuk proaktif menaggulangi serangan hama terhadap tanaman padi seperti ulat pengulung daun, wereng,walang sangit maupun hama tanaman yang lainnya seperti tikus.

Ia juga berharap kepada para petani dalam menanggulangi hama agar dilakukan secara serentak, baik penyemprotan maupun dalam gropyo tikus, dengan harapan hama mati dan tidak pindah dari tempat satu ke tempat yang lain." Pesan Babinsa kepada pemilik sawah.

Pemilik sawah Muftazani dari Kelompok tani "Tani Jaya"  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa yang telah memberikan pendampingan, semoga hal ini bisa menjadi pendorong bagi petani agar lebih bersemangat dalam melaksanakan perawatan tanaman padi.

Penyemprotan hama yang dilakukan Babinsa ini, bertujuan agar tanaman padi terhindar dari hama dan penyakit yang dapat merusak tanaman, sehingga produksi padi yang dihasilkan akan meningkat." Ucapnya.


0 Komentar