Senin, 15 Januari 2018 15:49 WIB

Abbas Menyebut Rencana Perdamaian Trump 'Tamparan Abad Ini'

Editor : Amri Syahputra

Ramallah, Tigapilarnews.com - Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas mengecam upaya perdamaian Presiden AS Donald Trump sebagai "tamparan abad ini", pada sebuah pertemuan penting pada hari Minggu di Gedung Putih yang mengumumkan Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Dalam pidato dua jam yang luas, Abbas menegaskan bahwa dia tidak akan menerima administrasi Trump sebagai mediator dalam perundingan damai dengan Israel dan meminta proses yang dipimpin secara internasional.

Dia juga menuduh Israel melakukan tindakannya untuk mengakhiri kesepakatan damai Oslo tahun 1994 yang merupakan dasar hubungan Palestina dengan negara Yahudi tersebut, dengan mengatakan bahwa Palestina akan mempelajari semua strategi untuk meresponsnya.

Di luar itu, Abbas menyerang duta besar AS ke Israel dan PBB, David Friedman dan Nikki Haley, yang menyebut mereka sebagai "aib".

Kedua pendukung Trump telah menjadi pendukung kuat Israel, dengan Friedman telah mendukung permukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki.

"Kami mengatakan 'tidak' kepada Trump, 'kami tidak akan menerima proyek Anda'," kata Presiden Palestina tersebut.

"Kesepakatan abad ini adalah tamparan bagi AS  dan kami tidak akan menerimanya," tambahnya, mengacu pada janji Trump untuk mencapai "kesepakatan akhir," perdamaian Israel-Palestina.

Pertemuan di Ramallah dari Dewan Pusat Palestina, sebuah badan berpangkat tinggi dari Organisasi Pembebasan Palestina, dipanggil setelah pengakuan Trump pada 6 Desember atas Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Langkah tersebut telah membuat orang Palestina marah, yang menginginkan sektor timur kota yang dicaplok sebagai ibu kota negara mereka di masa depan.

Sebelum deklarasi tersebut, Trump dan utusannya, termasuk penasihat senior dan menantu Jared Kushner, telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menegosiasikan bagaimana memulai kembali pembicaraan antara Israel dan Palestina, yang terhenti sejak tahun 2014.

Tapi sejak pengumuman Trump di Yerusalem, orang-orang Palestina telah menolak untuk bertemu dengan pemerintah AS, dan Abbas diharapkan untuk menghindari Wakil Presiden Mike Pence saat dia mengunjungi wilayah tersebut minggu depan.


0 Komentar