Sabtu, 30 Desember 2017 02:17 WIB

Tanaman Herbal Kayu Songga NTB Berkhasiat Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Editor : A. Amir

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Indonesia kaya akan jenis tanaman yang dapat dijadikan obat dan tersebar di seluruh pelosok nusantara. Masing-masing daerah mempunyai kemampuan tersendiri dalam mengolah tanaman herbal menjadi obat.

Penggunaan obat-obat modern rentan kandungan zat kimia, bahkan bila mengkonsumsinya dalam jangka panjang bisa menimbulkan efek samping terhadap tubuh. Apalagi harga obat saat ini semakin mahal, oleh karena itu obat-obatan dari tanaman tradisional atau yang lebih dikenal dengan sebutan obat herbal mungkin bisa menjadi alternatif untuk pengobatan.

Pada kesempatan ini yang akan diulas adalah Khasiat Tanaman Kayu Songga atau Gelas Ajaib dari NTB

Salah satu keunikan dan daya tarik yang dimiliki dari tanaman Kayu Songga ini, oleh pembuatnya diukirnya dalam bentuk gelas/cangkir minum yang terbuat dari kayu. Suatu kreasi tersendiri, selain berbentuk karya seni ukir, juga memudahkan pemakainya langsung menggunakannya tanpa perlu repot. Cukup memasukkan air tawar yang sudah layak minum kedalam gelas yang terbuat dari kayu tersebut sebagai media proses, diamkan sesaat kurang lebih selama 5 – 10 menit akan berubah rasanya menjadi pahit tapi diyakini dapat memberi pengaruh positive pada tubuh.

Penulis 52 tahun merasakan langsung perubahan setelah meminumnya, diantaranya badan terasa lebih segar dan selera makan bertambah. Melalui sedikit tanya jawab dengan pedagangnya dan menelusuri lebih jauh melalui browsing di internet diketahui tanaman kayu Songga berasal dari Nusa Tenggara Barat. Ditemukan hanya satu sumber saja yang bisa dijadikan referensi untuk memperkenalkan tanaman kayu Songga ini (nama latinnya atau ilmiahnya Strychnos Ligustriana L). Oleh masyarakat Bima sering disebut juga Bidara Pahit. Dalam literaturnya tanaman obat herbal ini mempunyai manfaat menyembuhkan berbagai jenis penyakit diantaranya Malaria, Diabetes, Hipertensi, Anemia, Gangguan Sistem Pencernaan (Sembelit dan Usus), Kulit, Gigitan Racun Ular, Ejakulasi Dini (Lemah Syawat), Cacingan, Cacar Air, Bisul, Demam (Meriangan/Panas Dingin), Asam Urat/Rematik, Paru-paru Basah, Infeksi pada Kandungan, Produksi ASI, Asma (Sesak Nafas), Gejala Stroke, Sakit Perut, Sakit Pinggang (Linu), Alergi (Kulit), Bau Badan, Stamina dan sebagai Antioksidan alami (menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imun bagi perokok)

Ada himbauan untuk penderita darah rendah dan sakit Maag, untuk tidak mengkomsumsinya...

Sumber (http://khasiatq.blogspot.co.id/2016/09/26-khasiat-kayu-songga-untuk-kesehatan.html)


0 Komentar