Selasa, 26 Desember 2017 09:30 WIB

Peredaran Narkoba Mengkhawatirkan

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi kampanye antinarkoba. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, mengatakan peredaran Narkoba di daerahnya kini semakin mengkhawatirkan sehingga perlu upaya sungguh-sungguh dari seluruh komponen masyarakat untuk memeranginya.

Menurut Gubernur di Banjarmasin, Senin (25/12/2017), perlu upaya-upaya yang masif dari seluruh pihak terkait, untuk memerangi peredaran obat-obatan terlarang, baik itu dilingkungan masyarakat, tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi dan lainnya.

"Ancaman penyalahgunaan obat-obatan terlarang sudah semakin mengkhawatirkan, ini bisa menghancurkan generasi muda sebagai aset bangsa," katanya.

Dalam rangka memberantas peredaran obat-obatan terlarang, pemerintah daerah bersama seluruh pihak terkait, terus berupaya membangun hubungan dengan seluruh komponen masyarakat, juga membentuk relawan-relawan antinarkoba di seluruh lini kehidupan masyarakat.

"Beberapa waktu lalu, saya juga telah melantik Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba (ARTIPENA) Kalsel, di Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin," katanya. 

Kampus, tambah Gubernur, merupakan salah satu komponen masyarakat yang mampu melakukan penangkalan terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba.

"Perguruan tinggi termasuk salah satu elemen masyarakat yang mampu melakukan pencegahan bahaya penyalahgunaan narkoba. Melalui edukasi secara terus menerus dari insan akademis diharapkan jumlah korban narkoba bisa ditekan," katanya.

Negeri ibu pertiwi saat ini telah diserang oleh narkoba. Untuk itu perlu kekompakan semua komponen anak bangsa dalam memerangi penyalahgunaan narkoba. 

"Wajib bagi kita untuk melakukan pencegahan dan memerangi segala jenis dan bentuk penyalahgunaan narkoba," katanya. 

Menurut Gubernur, semua harus bergerak cepat melakukan upaya nyata untuk memerangi narkoba sesuai dengan peran dan profesi masing-masing.

Sebelumnya, Gubernur juga melantik Prof Sutarto Hadi menjadi Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba (ARTIPENA) Masa Bhakti tahun 2017-2019.

Selain itu, juga Ketua Umum ARTIPENA Pusat, Prof Surya Hapsoro yang telah berkenan melantik pengurus DPW ARTIPENA Kalsel. 

Sementara itu Prof Dr Surya Hapsoro mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh orang nomor satu di Kalsel H Sahbirin Noor selaku pemerintah daerah dalam upaya bersama memerangi bahaya penyalahgunaan Narkoba.(ant)


0 Komentar