Rabu, 06 Desember 2017 23:41 WIB

Anang: Pancasila Ideologi Terbaik untuk Indonesia

Editor : Hendrik Simorangkir
Anang Hermasnyah di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dalam memberikan Seminar Kebangsaan dengan tema Pancasila dan UUD 1945 Sebagai Fundamental Bangsa Indonesia.

Jakarta, Tigapilarnews.com - Derasnya arus globalisasi bisa berakibat ganda, satu sisi bisa melindungi namun juga disisi lain bisa berakibat sebaliknya. Begitupun juga dengan ideologi negara kita, Pancasila. Keberadaanya tak bisa luput dari terjangan deras arus globalisasi. 

Hal ini pun juga diamini oleh Anang Hermansyah, anggota DPR RI yang duduk di Komisi X ini melihat bahwa perlu ada perumusan ulang tentang bagaimana penanaman nilai-nilai Pancasila pada generasi muda.
 
Menurut Anang, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mendekati mereka secara langsung dan berdialog bersama. Strategi seperti itu menurutnya efektif untuk lebih mendekatkan generasi muda pada nilai-nilai Pancasila.

Seperti apa yang dilakukan Anang ketika dirinya berkunjung ke Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dalam memberikan Seminar Kebangsaan dengan tema Pancasila dan UUD 1945 Sebagai Fundamental Bangsa Indonesia. 

Pada kesempatan tersebut, ia menyempatkan diri untuk berdialog langsung dengan para mahasiswa tentang sejarah perjalanan Bangsa Indonesia berikut nilai-nilai Pancasila yang telah menjadi dasar negara.

"Kalian tak perlu ragu lagi bahwa Pancasila adalah ideologi terbaik untuk Indonesia yang dengan keragaman budaya. Tanpa ada Pancasila, kesatuan negara ini hanya menjadi belaka," ujar Anang saat menjelaskan bagaimana posisi Pancasila di tengah semakin maraknya ideologi asing, Rabu (6/12/2017).

Lanjut politisi dari Dapil Jember dan Lumajang, tidak bosan-bosan mengingatkan kepada para mahasiswa untuk terus kreatif dalam berkarya semenjak dini.

"Semakin dini mengasah kreativitas, maka itu semakin baik. Nantinya tidak hanya untuk kalian sendiri, tentu juga untuk bangsa kita ini," kata Anang sambil mencontohkan produk-produk Apple, Facebook, Instagram adalah produk yang lahir dari nalar kreatif.

Di sesi akhir perbincangan, Anang mengatakan, Pancasila selain berfungsi sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia, juga merupakan dasar negara. Maka dari itu, Anang menekankan untuk bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari


0 Komentar