Jumat, 24 November 2017 14:46 WIB

Arab Saudi Larang Foto dan Selfie di Masjid Nabawi

Editor : Rajaman
Masjid Nabawi (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pemerintah Arab Saudi melarang jamaah haji dan umrah untuk mengambil gambar di dekat Kabah di Masjidil Haram. Larangan juga berlaku untuk di Masjib Nabawi.

"Berlaku untuk semua pengambilan gambar di dua masjid suci," kata Menteri Haji dan Umrah Saudi, Mohammed Saleh Bin Taher Benten dalam surat diplomatiknya sebagaimana dikutip wartawan, Jumat (24/11/2017).

Surat diplomatik itu dikirimkan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada 12 November 2011 lalu. Surat dikirimkan kepada negara-negara penyelenggara haji dan umrah.

Selama ini memang banyak jamaah yang berfoto selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tempat favorit jamaah adalah selfie dengan baground Masjidil Haram, tak jarang yang mengupload di media sosial. Sementara untuk Masjid Nabawi biasanya jamaah berfoto di pelataran dengan baground pintu-pintu megah dan payung raksasanya.

Sebenarnya selfie di dua masjid suci tersebut selama ini juga tak bebas. Sebab, ada petugas atau askar yang mengingatkan kalau ada yang selfie di dua masjid suci itu, namun memang belum ada aturan tegas benar soal hal itu.

Larangan tersebut dimaksudkan agar jamaah yang sedang khusyuk beribadah tidak terganggu dengan aktivitas pengambilan gambar.

"Dalam rangka menegakkan peraturan yang berlaku dan dalam rangka menghormati kesucian dua masjid suci dan demi terjaganya suasana ibadah," kata Mohammed Saleh. 


0 Komentar