Jumat, 24 November 2017 14:42 WIB

Presiden Diharapkan Segera Ajukan Nama Calon Panglima TNI ke DPR

Editor : Luki Junizar
Calon Panglima TNI (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Komisi I DPR berharap Presiden Jokowi segera mengajukan nama Panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo akan masuk masa pensiun Maret 2018.

Sebelumnya, Presiden berjanji dalam waktu dekat segera mengirimkan satu nama calon Panglima TNI ke DPR untuk segera diproses. 

"Info yang terakhir saya dengar itu, dalam waktu dekat itu akan segera dikirim suratnya. Saya harapkan suratnya bisa masuk segera ke DPR," ujar Anggota Komisi I DPR, Dave Laksono di gedung DPR, Jumat (24/11/2017). 

Sehingga, Komisi I DPR bisa melakukan uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test, red) kepada calon panglima TNI sebelum memasuki masa reses berikutnya. "Dan sebelum akhir tahun kita sudah bisa memiliki nama panglima TNI yang baru," lanjut politikus Golkar ini. 

Menurut Dave, semua matra, baik Angkatan Udara, Angkatan Darat maupun Angkatan Laut memiliki peluang yang sama untuk memimpin TNI ke depan. "Sekarang kembali ke presiden karena ini sidah keputusan putusan dari pada presiden," papar politikus Partai Golkar ini. 

Dia menambahkan, Presiden Jokowi bisa mengirim lebih dari satu nama calon panglima TNI. "Tapi kalau dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, presiden selalu mengirim satu nama," tutupnya.


0 Komentar