Kamis, 16 November 2017 19:30 WIB

Peru Jadi Tim Terakhir ke Piala Dunia 2018

Editor : Yusuf Ibrahim
Selebrasi Timnas Peru. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Peru menjadi tim terakhir yang lolos di putaran final Piala Dunia 2018.

Hasil tersebut diperoleh setelah Peru memenangkan laga kedua play off kontra Selandia Baru. 

Setelah bermain imbang tanpa gol dalam leg pertama di kandang Selandia Baru, Westpac Stadium, Sabtu (11/11/2017), Peru langsung menekan sejak awal pertandingan. Mendapatkan dukungan penuh suporter yang memadati Estadio Nacional, Lima, Kamis (16/11/2017), Peru mencoba mengambil insiatif serangan. 

Selandia Baru dibuat bertahan di paruh babak pertama. Gol yang ditunggu Peru akhirnya datang juga lewat umpan silang dari sisi kiri pertahanan Selandia Baru. Jefferson Farfan di menit 23 yang berdiri bebas dengan tendangan keras kaki kanannya berhasil memperdaya kiper Stefan Marinovic. 

Di menit 41, Peru nyaris menggandakan skor. Sayangnya bola mentah yang tak bisa diantisipasi Marinovic gagal dikonversi menjadi gol oleh Farfan. Skor 1-0 ini bertahan sampai turun minum. 

Di babak kedua, Selandia Baru mencoba mengejar gol dengan langsung mencoba bermain keluar. Hasilnya mulai terlihat ketika Chris Wood yang masuk menggantikan Ryan Thomas mendapatkan peluang emas. Sayang sundulan dari kotak penalti masih mampu diblok kiper Peru, Pedro Gallese. 

Tekanan Selandia Baru hanya mampu diperagakan kurang lebih 10 menit. Sebab, Peru kembali menekan dengan memberikan tekanan. Tapi Peru yang mencoba membobol gawang Selandia Baru juga belum beruntung.

Gol yang ditunggu Peru akhirnya datang di menit 65. Christian Guillermo Ramos berhasil menyematkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan kemelut di mulut gawang Selandia Baru menyusul tendangan penjuru. 

Setelah itu tak ada lagi yang tercipta. Peru akhirnya keluar sebagai pemenang dan memastikan diri lolos ke Rusia. 

Dengan hasil ini Peru melengkapi 32 tim untuk berlaga di Piala Dunia 2018 di Rusia. Prestasi ini merupakan penantian panjang Peru setelah kali terakhir kali berlaga pada 1982 di Spanyol.

Ketika itu, Peru pun tak bisa berbuat banyak setelah terhenti di babak pertama. Dari tiga pertandingan Peru hanya meraih dua angka, hasil bermain imbang dengan Kamerun (0-0) dan Italia (1-1). Sialnya di pertandingan ketiga Peru dihajar Polandia 5-1.(snd)

Susunan Pemain
Peru 
Pedro Gallese, Luis Advincula, Christian Guillermo Ramos, Alberto Rodriguez, Miguel Trauco, Renato Tapia, Andy Polo (Andre Carrillo), Christian Cueva, Edison Flores, Jefferson Farfan, Raul Ruidiaz (Yoshimar Yotun)
Cadangan :
Aldo Corzo, Adrian Zela, Miguel Araujo, Paolo Hurtado, Yordy Reyna, Carlos Caceda, Sergio Pena, Andre Carrillo, Yoshimar Yotun, Jose Carvallo, Nilson Loyola, Pedro Aquino
Pelatih : Ricardo Gareca

Selandia Baru
Stefan Marinovic, Deklan Wynne, Andrew Durante (Jeremy Brockie),  Winston Reid, Michael Boxall, Kip Colvey, Bill Poni Tuiloma, Ryan Thomas (Chris Wood) , Michael McGlinchey, Clayton Lewis (Marco Rojas), Kosta Barbarouses
Cadangan :  
Themistoklis Tzimopoulos, Chris Wood, Shane Smeltz, Marco Rojas, Glen Moss, Monty Patterson, Dane Ingham, Jeremy Brockie, Rory Fallon, Tommy Smith, Max Crocombe
Pelatih : Anthony Hudson


0 Komentar