Sabtu, 04 November 2017 18:18 WIB

Bantu Kurangi Volume Sampah, Sinar Mas Land Sosialisasikan Komposting Sampah

Editor : Hendrik Simorangkir
Sosialisasi Komposting Program Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Lingkungan SML, dilaksanakan di Aula Masjid Nurul Ikhsan, Kampung Sawah, Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. (ist)

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Sinar Mas Land melalui PT BSD Tbk menggelar kegiatan sosialisasi pengolahan sampah menjadi kompos kepada masyarakat di Kecamatan Pagedangan. Kegiatan yang menjadi bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Lingkungan SML, dilaksanakan di Aula Masjid Nurul Ikhsan, Kampung Sawah, Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Sabtu (4/11/2017).

Kepala Departemen CSR Sinar Mas Land, Idham Muchlis mengatakan, permasalahan sampah menjadi persoalan yang pelik bagi kota–kota besar di Indonesia. Setiap hari, volume sampah terus bertambah, padahal ketersediaan lahan pembuangan semakin terbatas. Belum lagi, penggunaan teknologi untuk mengolah sampah membutuhkan biaya dan investasi yang besar. 

“Salah satu penyebab semakin bertambahnya volume sampah, karena masih banyak masyarakat yang belum mau dan mampu mengolah sampah rumah tangga menjadi kompos yang selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk penghijauan lingkungan. Karena alasan tersebut, maka kami melakukan kegiatan sosialisasi komposting ini, setidaknya di mulai pada masyarakat Kecamatan Pagedangan,” ujar Idham.   

Kegiatan sosialisasi komposting akan berupa pelatihan dan praktek pemilahan sampah organik dan non organik serta penjelasan mengenai fungsi dan peran bank sampah. “Program sosialisasi tersebut dibuat bukan hanya seremonial semata, tetapi praktik langsung kepada masyarakat. Praktik itu membutuhkan  sejumlah alat dan kelengkapan penunjang,  seperti tong sampah yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pemilahan sampah,” jelas Idham. 

“Kami juga akan menyerahkan tong sampah sebanyak 196 buah, alat penyaring komposter sebanyak tiga buah, dan bibit pohon untuk ditanam warga di lingkungannya sebanyak 20 batang,” tambahnya.  

Kegiatan sosialisasi komposting ini akan menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi, professional, aktivis lingkungan, pengerajin kompos, dan penggiat bank sampah. Para narasumber nantinya akan menjelaskan kepada masyarakat tentang cara pengolahan sampah menjadi kompos, dasar pembuatan kompos, hingga selesai penyaringan sampah menjadi kompos.


0 Komentar