Kamis, 26 Oktober 2017 13:03 WIB

PSSI Siapkan Uji Coba Internasional untuk Timnas Senior dan U-23

Editor : Yusuf Ibrahim
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Tim nasional Indonesia U-23 dijadwalkan melakoni dua uji coba internasional melawan Suriah dan Yordania.

Laga kontra kontestan Piala Asia 2018 itu diharapkan memberikan gambaran kerangka tim yang disiapkan menghadapi Asian Games 2018. 

PSSI membebankan target tinggi kepada Pelatih Luis Milla di ajang Asian Games 2018. Skuad Garuda Muda diharapkan mengunci minimal satu tempat pada babak semifinal. Hal ini tidak lepas dari posisi Indonesia sebagai tuan rumah pesta olahraga multievent terbesar negara Asia tersebut. 

Sebagai persiapan, federasi mengagendakan sejumlah laga uji coba sebelum melakoni tes event Asian Games yang dijadwalkan Februari tahun depan. Laga persahabatan internasional diharapkan menambah jam terbang sekaligus mengukur perkembangan tim.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria menyatakan, uji coba sangat dibutuhkan timnas U-23 untuk mempersiapkan tim menghadapi Asian Games. Apalagi, sejak tampil pada kualifikasi Piala Asia serta SEA Games 2017 Malaysia, seluruh pemain sudah dikembalikan ke klub dan tidak pernah lagi menjalani laga uji coba. 

"Dua uji coba ini dirancang untuk pembentukan dan persiapan awal timnas menghadapi Asian Games. Melawan Suriah dan Yordania akan menjadi laga pertama mereka sejak tampil di SEA Games. Mereka lawan yang bagus karena lolos ke putaran final piala Asia di China," tutur Tisha.

Dia menyatakan, dari uji coba yang rencananya digelar di Stadion Wibawa Mukti itu, Pelatih Luis Milla diharapkan sudah memiliki gambaran komposisi tim yang akan dibawa ke Asian Games. Apalagi, tes event yang menjadi laga pemanasan timnas sebelum tampil di tes event pada Februari 2018. 

Selain timnas U-23, PSSI juga menjadwalkan laga uji coba internasional bagi timnas senior. Guyana akan menjadi lawan Boaz Salossa dkk pada 25 November mendatang. Ini akan menjadi laga persahabatan keenam tim Garuda setelah sebelumnya menantang Myanmar, Fiji, Puerto Riko, dan dua kali melawan Kamboja.

"Ini tidak masuk kalender FIFA karena kita ingin memberikan kesempatan kepada semua pemain membela klub masing-masing hingga Kompetisi Liga 1 selesai. Uji coba untuk timnas U-23 dan timnas senior akan digelar pada 18 dan 25 November," ujarnya.(snd)


0 Komentar