Rabu, 27 September 2017 20:43 WIB

INASGOC Tunggu Persetujuan Federasi Internasional Roller Sports

Editor : Yusuf Ibrahim
Sekretaris Jenderal INASGOC, Eris Herryanto. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 mempertimbangkan dua lokasi gelanggang penyelenggaraan lomba sepatu roda dan skateboard yang termasuk dalam cabang roller sports pada Agustus 2018 mendatang.

"Federasi internasional atau federasi Asia skateboard dan roller sports akan menawarkan kepada Jakarta dan Palembang siapa yang berminat untuk menyelenggarakan. Federasi-federasi itu siap membangun gelanggangnya," kata Sekretaris Jenderal INASGOC, Eris Herryanto, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (27/09/2017).

Meskipun masih menunggu persetujuan federasi internasional roller sports, Indonesia telah mempunyai dua arena yang layak sebagai lokasi penyelenggaraan perlombaan sepatu roda dan skateboard Asian Games 2018 yaitu di Komplek Olahraga Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan dan GOR Saparua Bandung, Jawa Barat.

Cabang roller sports merupakan cabang tambahan dari 39 cabang olahraga Asian Games ke-18 yang diusulkan Indonesia kepada Dewan Olimpiade Asia (OCA) dalam rapat koordinasi ketujuh di Jakarta, pada 18 Agustus.

Eris mengatakan penyelenggaraan maupun pembangunan gelanggang perlombaan roller sports akan ditanggung sepenuhnya oleh federasi internasional cabang itu seperti Confederation of Asia Roller Sports (CARS), atau International Roller Sports Federation (FIRS) dan juga Asian Skateboarding Federation (ASF) atau International Skateboarding Federation (ISF).

OCA, menurut Eris, memutuskan untuk meminta bantuan penyelenggaraan dari federasi internasional itu menyusul fokus utama Indonesia terkait efisiensi biaya penyelenggaraan sebagaimana amanat Dewan Pengarah Asian Games.

"OCA tengah mendukung langkah Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk memudahkan semua ajang multi-cabang olahraga dengan memasukkan cabang-cabang bagi generasi muda. Maka, kami juga harus memberikan dukungan terhadap usaha mereka karena berarti Indonesia menjadi bagian penting dari langkah OCA dan IOC," kata Eris.

INASGOC akan melaporkan kepada Ketua Dewan Pengarah Asian Games 2018 yang juga Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait penambahan cabang roller sports serta keikutsertaan Indonesia dalam Sidang Dewan Eksekutif OCA ke-70 dan Sidang Umum OCA ke-36 di Ashgabat, Turkmenistan, pada 18-20 September.

Selain roller sports, Asian Games 2018 juga akan mempertandingkan empat cabang olahraga baru dibandingkan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, yakni panjat tebing, karate, bisbol/sofbol dan selancar. Empat cabang tersebut juga akan berlangsung di Olimpiade Tokyo 2020.

Asian Games 2018 juga akan menggelar 11 disiplin olahraga dan 15 nomor pertandingan baru yang berbeda dengan Asian Games 2014.

Disiplin olahraga baru itu adalah bridge, bola basket 3x3, jetski, jiujitsu, pencak silat, sambo, kurash, paralayang, panjat tebing, skateboard, dan sepatu roda.(exe/ist)


0 Komentar