Rabu, 23 Agustus 2017 07:29 WIB

Tekan Peredaran Narkoba, Ini Saran Komisi III

Editor : Rajaman

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto menyarankan agar setiap pengguna narkoba agar dapat direhabilitasi ketimbang harus dipenjara.

Hal ini, menurut Wihadi agar dapat menekan angka peredaran serta pengguna narkoba yang sudah menjadi masalah nasional.

"Peredaran narkoba menjadi masalah nasional yang sangat serius dan ini perlu penanganan dari semua pihak dan evaluasi penanganan selama ini salah satunya untuk menekan pengguna narkoba menjadi turun adalah dengan rehabilitasi," kata Wihadi kepada Tigapilarnews.com, Rabu (23/8/2017).

Namun demikian menurut Wihadi tidak semua pengguna narkoba dapat merasakan rehabilitasi. Pasalnya, harus ada sistem klasifikasi tertentu bagi mereka akan direhabilitsi.

Politikus Gerindra berpendapat jika setiap pengguna narkoba kerap kali harus dipenjara tentunya hal ini bukan solusi menekan angka peredaran narkoba. Namun demikian bagi mereka yang ingin direhabilitasi maka harus dilakukan langkah selektif 

Terlebih lagi, jika mereka setiap kali ditangkap bukannya ada efek jera namun justru sebaliknya mereka bisa kembali melakukan hal yang sama.

"Kalau mereka (pengguna narkoba) terus-terusan ditangkap lalu dipenjara bukannya menjadi sembuh tapi tetap saja mereka menjadi pengguna ini bisa kita lihat dari angka peredaran narkoba di dalam lapas," terang Wihadi.

Namun demikian Wihadi juga mengingatkan, bagi mereka yang akan direhabilitasi harus benar-benar dilakukan verifikasi yang sangat ketat agar jangan sampai rehabilitasi menjadi tempat bagi mereka berlindung dari peredaran narkoba.

 


0 Komentar