Sabtu, 19 Agustus 2017 17:25 WIB

Peringatan HUT RI ke-72, Rumah Pintar BSD Lestarikan Permainan Tradisional

Reporter : Hendrik Simorangkir Editor : Hendrik Simorangkir
Rumah Pintar BSD Lestarikan Permainan Tradisional. (ist)

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Rumah Pintar BSD City menyelenggarakan kegiatan "Gebyar Kemerdekaan 72". Acara yang mengusung konsep suasana keseharian masyarakat di perkampungan bertajuk "Kampoeng Maen", diselenggarakan di area panggung terbuka Rumah Pintar BSD City, Sektor 1.3, BSD City, Sabtu (19/8/2017).

Direktur PT BSD Tbk, Syukur Lawigena mengatakan, kegiatan "Gebyar Kemerdekaan 72", bertujuan untuk menjalin kebersamaan antarwarga lintas generasi, serta mendukung generasi muda dalam mengembangkan daya kreativitas, ketrampilan, ketangkasan, dan sportivitas.

"Gebyar Kemerdekaan 72 juga menjadi sarana sosialisasi Rumah Pintar BSD City kepada masyarakat, sekaligus menjadi wadah kegiatan ruang terbuka untuk pengembangan sentra-sentra di Rumah Pintar BSD City," ujar Syukur.

Gebyar Kemerdekaan 72 dikemas dalam suasana bermain di perkampungan, dengan konsep acara "Kampoeng Maen". Kegiatan dalam acara ini antara lain adalah gelaran berbagai perlombaan, seperti lomba tari tradisional, fashion show anak bertema kostum daur ulang, lomba ketahanan pangan dengan membuat panganan berbahan dasar umbi-umbian.

Ada pula perlombaan permainan tradisional, seperti , lomba kelereng, ular tangga, pindah air, pingpong air, dan lomba congklak, halma, serta catur. Selain itu, dalam Gebyar Kemerdekaan 72 akan ditampilkan pameran Rumah Pintar BSD City, yang akan menyajikan bentuk miniatur rumah pintar, berupa berbagai kegiatan dan prestasi yang telah dicapai selama ini.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk masyarakat sekitar Rumah Pintar BSD City, dan secara lebih luas untuk masyarakat di wilayah proyek BSD City. Diharapkan juga dapat menjadi media untuk menjaga eksistensi dan konsistensi dari Rumah Pintar BSD City sebagai wadah tempat berkumpul dan beraktivitasnya masyarakat dalam mengembangkan pendidikan, dan budaya lokal, serta melatih
kemampuan masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi.

Rumah Pintar BSD City yang dibangun Sinar Mas Land (SML) berlokasi di Sektor 1-3 BSD City, Kelurahan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Rumah Pintar BSD City merupakan satu-satunya Rumah Pintar yang diselenggarakan dan dikelola perusahaan pengembang di Indonesia. Rumah Pintar BSD City diresmikan Ibu Negara Ani Yudhoyono pada Mei 2014, dan dibuka untuk
masyarakat secara simbolis oleh Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Juni 2014.

Rumah Pintar BSD City memiliki enam sentra yaitu Sentra Komputer, Sentra Bermain, Sentra Kriya, Sentra Buku, Sentra Anggrek, dan Sentra Audio Visual Panggung. Fokus Rumah Pintar yaitu memberikan kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan jamak dan pendidikan karakter melalui pendekatan yang menyenangkan dan bermakna bagi anak usia dini.

Rumah Pintar BSD City juga menjadi satu-satunya rumah pintar yang melaksanakan pelatihan bahasa isyarat bagi penyandang tunarungu dan wicara. Pelatihan dilaksanakan bekerjsama dengan Gerakan Tuli Indonesia (Gerkatin) Cabang Tangerang Selatan. Para peserta pelatihan yang telah berjumlah 30 orang, dilatih untuk berkomunikasi dengan bahasa isyarat, sehingga nantinya mereka dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan.

Sedangkan untuk pembekalan ketrampilan bagi para ibu rumah tangga dan remaja, adalah bertujuan untuk menambah ilmu dan wawasan bahkan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga. Hal inilah yang mendorong Perusahaan mengintegrasikan pembangunan dan pengoperasiannya ke dalam program Corporate Social Responsibility (CSR).


0 Komentar