Kamis, 17 Agustus 2017 08:35 WIB

Al-Qaeda Bakal Serang AS dan Eropa

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi Al-Qaeda. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilanews.com- Al-Qaeda di Jazirah Arab (AQAP) menyerukan kepada para pendukungnya untuk melakukan serangan di Amerika Serikat (AS) dan Eropa.
 
AQAP menyerukan serangan itu dilakukan di saranan transportasi umum di negara-negara Eropa dan AS.

Seruan itu tertuang dalam sebuah artikel dalam majalah milik AQAP. Dalam artikel itu disebutkan, sistem kereta api AS sebagai target yang baik karena keamanan umumnya longgar dan satu operasi bisa menyebabkan kehancuran dan gangguan dalam jumlah besar.

Majalah ini juga memuat sebuah artikel dari ahli peledak senior AQAP, yang menjelaskan bahwa menyerang sistem angkutan massal dapat menyebabkan kerusakan ekonomi yang signifikan dan merusak keamanan publik.
 
Artikel lain memberikan petunjuk cetak biru bagaimana membangun dan menggunakan barang-barang rumah tangga biasa. Artikel ketiga menyediakan peta AS dan merekomendasikan sistem transit tertentu, seperti metro New York, sebagai target.
 
"Menyerang jalur yang tak dijaga di AS, Prancis, dan Inggris, serta untuk menempatkan rintangan yang akan menyebabkan kereta terguncang, menyebabkan ketakutan di hati masyarakat Barat dan juga memperlemah ekonomi mereka," bunyi artikel tersebut, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (16/8).
 
"Dengan sedikit sumber daya, sangat mungkin untuk mencapai hasil yang bagus, jika operasi dijalankan dengan baik dan direncanakan. Hasil dari operasi semacam ini sangat berbahaya bagi ekonomi, terutama jika terjadi secara teratur," sambungnya.
 
Otoritas AS dilaporkan telah mendapatkan informasi akan adanya seruan tersebut. Administrasi Keselamatan Transportasi AS (TSA) mengatakan, mereka berhubungan dengan layanan angkutan barang dan penumpang tentang bagaimana melindungi sistem mereka dari teroris. Namun, Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mengatakan, tidak ada ancaman yang akan terjadi dalam waktu dekat.
 
"Kantor Intelijen dan Analisis TSA (TSA-OIA) tidak mengetahui adanya plot saat ini, atau yang dapat dipercaya untuk menyerang transportasi di Amerika. Namun, TSA-OIA tetap memperhatikan upaya organisasi teroris untuk melakukan serangan terhadap jaringan transportasi," kata TSA dalam sebuah pernyataan.(exe/ist)

0 Komentar