Rabu, 16 Agustus 2017 17:50 WIB

Surya Paloh Puji Ide Jokowi Tukar Pakaian Adat dengan Jusuf Kalla

Reporter : Bili Achmad Editor : Danang Fajar
Ketua Umum partai NasDem, Surya Paloh (foto: Bili)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Ketua Umum partai NasDem, Surya Paloh memuji ide Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertukar pakaian adat dengan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) dalam Sidang Tahunan MPR, di Gedung Kura-Kurang DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Seperti diketahui, dalam sidang tersebut Jokowi tampil dengan mengenakan pakaian adat Bugis khas Makasar, Sulawesi Selatan yang tidak lain merupakan kota kelahiran JK. Sebaliknya JK tampil dengan mengenakan pakaian adat Jawa.

"Itu ide Presiden dan kemudian Pak Wapres setuju. Itu luar Biasa dan sangat Nasionalis," ucap Paloh usai acara tersebut.

Melalui bertukar pakaian khas daerah, lanjut Surya Paloh , Jokowi-JK telah menunjukan kekompakan satu sama lain.

Selain itu, aksi Jokowi-Kalla tersebut juga punya makna mendalam tentang bagaimana seharusnya warga negara Indonesia menghayati nilai-nilai kemerdekaan di masa saat ini.

"Dulu, kemerdekaan kan diperjuangkan oleh kita yang bersuku-suku. Pertukaran pakaian Presiden dan Wapres mengingatkan kita ke masa lalu," ujar pemilik salah satu stasiun TV nasional itu.

"Nah sekarang, pasca-72 tahun kemerdekaan RI, sudah cair. Tidak harus  orang Jawa melulu pakai pakaian Jawa. Tidak pula orang Makassar melulu pakai pakaian Makassar. Saat ini, semuanya sudah menjadi satu, bangsa Indonesia," pungkasnya.


0 Komentar