Selasa, 08 Agustus 2017 08:31 WIB

Qatar Ajak Turki Latihan Militer

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi militer turki. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Qatar dilaporkan mengadakan latihan militer gabungan dengan tentara Turki.

Latihan yang berlangsung di tengah ketegangan antara Qatar dan negara Teluk itu digelar di dekat Doha.

Menurut laporan media pemerintah Qatar, al-Sharq, seperti dilansir Reuters pada Senin (07/08), latihan gabungan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan angkatan bersenjata Qatar untuk mempertahankan fasilitas ekonomi, strategis dan infrastruktur vital.

Seperti diketahui, Parlemen Turki telah mengizinkan ratusan tentara dikerahkan ke sebuah pangkalan militer di Qatar, yang dibentuk sebagai bagian dari sebuah kesepakatan yang ditandatangani pada tahun 2014, dalam sebuah pertunjukkan dukungan untuk Qatar, yang juga merupakan rumah Pangkalan udara AS terbesar di wilayah tersebut.

Ankara mengaku akan mengerahkan tiga ribu tentara di markas tersebut untuk dijadikan tempat latihan bersama dan untuk mendukung upaya anti-terorisme.

Turki sendiri merupakan salah satu negara yang mendukung Qatar setelah Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain menyebutnya sebagai pendukung terorisme, yang dibantah oleh Qatar. 

Negara-negara Teluk telah Qatar menutup basis Turki, membatasi hubungan dengan Iran dan menutup saluran TV Al Jazeera sebagai bagian dari kesepakatan damai. Namun, hal itu ditolak oleh Qatar, dan juga oleh Turki.(exe/ist)

0 Komentar