Selasa, 01 Agustus 2017 11:31 WIB

Menko Polhukam: Bela Negara Dapat Dilakukan dengan Berbagai Cara

Editor : Rajaman
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto menyatakan, bela negara bisa dilakukan melalui berbagai macam cara. 

"Contohnya memberantas narkoba, memerangi ketimpangan sosial, berkreasi membangun negara, dan masih banyak lagi cara lainnya," ujar Wiranto saat membuka silaturahmi nasional (Silatnas) di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Senin (31/7/2017).

Melakukan pekerjaan apapun yang positif, kata Wiranto, juga merupakan bagian dari kegiatan bela negara. "Kemerdekaan telah diwariskan oleh leluhur kepada kita. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan," ujar Wiranto.‎

Pada kesempatan ini Wiranto juga sempat berdialog dengan sejumlah tokoh di antaranya Andi Hakim, SH yang merupakan salah satu tamu kehormatan pada acara tersebut.

Andi mengaku sepakat dengan Wiranto bahwa silatnas yang digelar Junior Chamber International (JCI) Indonesia menjadi salah satu wadah pemersatu bangsa dari kalangan generasi muda. "JCI Indonesia merupakan wadah komunikasi pemuda berusia mulai dari 18 sampai 40 tahun," ujar Andi selaku Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) dan ketua umum DPP Majelis Tao Indonesia (MTI).

Untuk kali pertama JCI Indonesia menggelar silatnas bagi membernya yang kebanyakan merupakan eksekutif muda dan mahasiswa.  "Silatnas diharapkan juga menjadi momentum para pemuda khususnya member JCI Indonesia untuk bertukar pengalaman dan menciptakan peluang usaha," kata Project Director JCI Indonesia, Rina Sa'ada.

Silatnas juga merupakan usaha untuk menyikapi kondisi terkini Indonesia. "Silatnas sengaja dihelat berdekatan dengan Hari Persahabatan Sedunia yang diperingati setiap 30 Juli," papar Rina.  

Menurutnya, situasi saat ini harus direspons dengan tepat, terutama oleh generasi muda. Sebab, tantangan bagi generasi muda di masa mendatang bakal makin ketat. 
"Silatnas untuk merespon kondisi kekinian di negeri kita


0 Komentar