Jumat, 28 Juli 2017 08:06 WIB

Pelanggaran di Al-Aqsa Diprediksi Guncang Dunia

Editor : Yusuf Ibrahim
Duta Besar Saudi untuk PBB, Abdullah Al-Moallimi (kanan). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Arab Saudi memperingatkan eskalasi lebih lanjut di Timur Tengah dengan dampak regional dan global akan terjadi, jika Israel melanjutkan langkah-langkah untuk mengubah status komplek al-Aqsa.

Peringatan itu disampaikan Perwakilan Tetap Saudi di PBB dalam debat terbuka di Dewan Keamanan (DK) PBB.

"Saudi mengulangi penolakannya terhadap semua upaya untuk menerapkan kontrol dan tindakan sepihak yang ditujukan untuk melumpuhkan Al-Quds dan Haram Al-Sharif," kata Duta Besar Saudi untuk PBB, Abdullah Al-Moallimi merujuk pada al-Aqsa, seperti dilansir Al Arabiya, Kamis (27/07/2017).

Dalam debat terbuka tersebut, Moallimi juga turut membahas mengenai upaya perdamaian Timur Tengah antara Israel dan Palestina.

Dia menekankan, satu-satunya cara untuk perdamaian adalah kembali ke prakarsa perdamaian Arab dan menerapkan mekanisme internasional yang efektif untuk memastikan rakyat Palestina memiliki semua hak mereka yang tidak dapat dicabut sesuai dengan perjanjian perbatasan 4 Juni 1967.

Selain Saudi, Indonesia juga turut ambil bagian dalam debat terbuka yang berlangsung pada Selasa malam itu. Perwakilan Tetap Indonesia di PBB menegaskan, rakyat Palestina bebas untuk melakukan ibadah di Masjid al-Aqsa.

Sama halnya dengan Saudi, dalam debat terbuka tersebut, delegasi Indonesia juga menegaskan komitmen Indonesia untuk mendukung hak-hak bangsa Palestina, dan selalu berada di garis depan dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina.(exe/ist)


0 Komentar