Sabtu, 22 Juli 2017 08:36 WIB

Justin Bieber Dilarang Tampil di Cina

Editor : Eggi Paksha
Penyanyi asal Kanada, Justin Bieber. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Tur Purpose Justin Bieber disebut sebagai tur permintaan maaf dunia.

Tur ini dimaksudkan untuk memperlihatkan sisi lebih dewasa Justin yang sikap buruknya telah menjadi berita utama yang memalukan dalam beberapa tahun belakangan. Tapi, di mata pejabat Cina, penyanyi asal Kanada itu masih harus belajar untuk lebih dewasa. 

Dalam sebuah pernyataan di situs mereka pada Selasa (18/07/2017), Biro Kebudayaan Kotamadya Beijing mengonfirmasi bahwa Justin dilarang tampil di Cina karena sikap buruknya di Cina dan tempat lain.

Dia diharuskan memperbaiki sikapnya untuk menjadin seorang penyanyi yang benar-benar dicintai publik. 

Dikutip dari Reuters, menurut lembaga tersebut gaya hidup di luar negeri Justin dan kata-kata serta tindak tanduknya ketika terakhir kali tampil di Cina telah menimbulkan ketidakpuasan publik.

Sayang, lembaga itu tidak menyebut secara spesifik sikap apa yang telah menyebabkan ketidakpuasan itu. 

Pernyataan itu dikeluarkan biro tersebut sebagai jawaban atas pertanyaan seorang fans yang mempertanyakan mengapa Justin tidak diizinkan menggelar tur di Cina. Biro itu juga mengatakan, dengan adanya usaha untuk “memurnikan” lingkungan seni di Cina, maka tidak pantas membawa artis dengan perilaku buruk ke negara tersebut. 

“Justin Bieber adalah penyanyi yang berbakat, tapi dia juga penyanyi asing muda yang kontroversial. Dalam rangka mempertahankan aturan di pasar Cina dan memurnikan lingkungan seni Cina, tidak pantas membawa penghibur yang berperilaku buruk. Kami harap ketika Justin Bieber dewasa, dia bisa terus memperbaiki kata-kata dan tindakannya dan benar-benar menjadi penyanyi yang dicintai publik,” ungkap pernyataan yang dikutip The New York Times. 

Belum jelas apakah komentar itu dianggap sebagai larangan atau apakah Justin telah berusaha menggelar tur di Cina. Perusahaan managemen Justin belum memberikan komentar atas hal ini.

Justin pernah tampil di Cina pada 2013. Saat itu, media melaporkan tentang tingkah lakunya yang membuka baju saat berada di atas panggung di Beijing untuk memamerkan perutnya. Dia juga menaiki Tembok Besar Cina dan mengendarai segway, tanpa baju di jalanan. 

Sementara, setahun kemudian, Justin sempat menimbulkan masalah diplomatik saat dia mengunggah foto dirinya yang mengunjungi Kuil Yasukuni di Tokyo yang menghormati penjahat perang dari Perang Dunia II. Kuil itu sudah lama menjadi sumber friksi antara Jepang dan tetangganya, termasuk Cina. 

Januari lalu, media Cina melaporkan Justin akan kembali ke Asia tahun ini, tapi belum ada jadwal tampil di Cina. Dia akan tampil di Tokyo, Hong Kong, Singapura dan Filipina pada September dan Oktober. 

Justin bergabung dengan sederet musisi besar yang juga dilarang tampil di Cina. Mereka termasuk Lady Gaga, Bjork dan Bon Jovi, yang semuanya telah bertemu atau mengungkapkan dukungan bagi pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama.(exe/ist)


0 Komentar