Kamis, 20 Juli 2017 20:26 WIB

Hubungan Meregang, Jerman Imbau Warganya di Turki untuk Waspada

Editor : Hendrik Simorangkir
Hubungan Jerman dengan Turki Menegang. (ist)

BERLIN, Tigapilarnews.com - Pemerintah Jerman mengimbau warganya yang berada atau hendak ke Turki untuk meningkatkan kewaspadaan. Imbauan ini datang di tengah meregangnya hubungan antara Berlin dan Ankara.

Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan, setiap warga Jerman yang sudah berada atau hendak pergi ke Turki untuk melaporkan diri ke kantor perwakilan mereka di sana. Berlin juga meminta kepada warga Jerman untuk mempersingkat waktu tinggal mereka di Turki.

"Orang-orang yang bepergian ke Turki untuk alasan bisnis atau pribadi didesak untuk melakukan peningkatan kewaspadaan, dan harus mendaftar ke konsulat Jerman dan kedutaan, bahkan untuk kunjungan lebih singkat," kata kementerian tersebut.

"Situs Kementerian Luar Negeri tidak selalu diinformasikan pada waktu yang tepat mengenai penahanan warga negara Jerman, dan akses untuk layanan konsuler tidak selalu dipastikan," sambungnya, seperti dilansir Reuters, Kamis (20/7/2017).

Ketegangan antara Jerman dan Turki dimulai saat Ankara menahan seorang aktivis asal Jerman. Berlin meminta akses konsuler, dan mendesak Ankara untuk segera melepaskan aktivis tersebut. Namun, permintaan itu ditolak mentah-mentah oleh pemerintah Turki. (ist)


0 Komentar