Selasa, 11 Juli 2017 23:09 WIB

Juri Independen Tetap Menangkan Horn

Editor : Yusuf Ibrahim
Manny Pacquiao (kanan) dan Jeff Horn. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Manny Pacquiao harus benar-benar merelakan kekalahannya dari Jeff Horn.

Pasalnya, lewat  peninjauan ulang pertarungan yang dilakukan juri independen tetap memberikan kemenangan pada Horn. 

Peninjauan kembali pertarungan dilakukan WBO sebagai jawaban atas kegusaran publik khususnya otoritas olahraga Filipina.

Dalam pertarungan yang berlangsung di Suncorp Stadium, Brisbane pada 2 Juli lalu menetapkan Horn sebagai juara dunia kelas welter versi WBO yang baru. Petinju asal Australia itu menang angka mutlak, 117-111, 115-113. 

Guna menampung semua keinginan tersebut, WBO berupaya adil dengan menggelar penghitungan ulang walau keputusan awal yang memenangkan Horn tak bisa diganggu gugat.

Dari sebuah pernyataan yang dikutip dari Foxsports, Selasa (11/07/2017), WBO menetapkan Horn sebagai pemenang setelah meraih angka di tujuh ronde. Sedangkan Pacquiao hanya unggul di lima ronde. 

"Dari analisa, menunjukkan hasil jika Pacquiao menang di ronde ketiga, kedelapan dan sembilan dengan 100 persen. Tapi, ronde kelima hanya unggul 80 persen dan ronde 11 tercatat 60 persen. Sementara Horn menang di ronde pertama, keenam dan 12 dengan 100 persen. Sedangkan ronde kedua, keempat dan ketujuh mendapatkan 80 persen. Sementara di ronde 10 ia mendulang 60 persen," bunyi pernyataan WBO. 

Angka persentase ini keluar setelah hasil para juri independen ini ditabulasi di setiap ronde yang dimenangkannya.

Selanjutnya diambil angka rata-rata berdasarkan 60, 80, dan 100 persen. Dan untuk menentukan pemenang di setiap ronde, setidaknya harus sepakat tiga dari lima juri penilai.(exe/ist)


0 Komentar