Jumat, 07 Juli 2017 15:01 WIB

Jokowi Terus Pangkas Anggaran Negara, Rizal Ramali: Ekonomi Akan Semakin Buruk

Editor : Rajaman

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Mantan Menteri Kordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli yakin perekonomian Indonesia akan semakin memburuk di dua tahun penghujung masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebab, Rizal melihat pemerintah saat ini hanya fokus pada pemangkasan anggaran di berbagai sektor.

"Karena, kebijakan (tim ekonomi) hanya bisa memotong anggaran saja mengikuti arahan dari Bank Dunia. Bank Dunia senang dan memuji hal itu," ucap Rizal, Jumat (7/7/2017).

Lanjut, Rizal menerangkan dengan pemangkasan anggaran yang dilakukan pemerintah otomatis ada sisa uang yang dipastikan masuk ke Bank Dunia.

"Karena pengetatan yang dilakukan untuk membanyak tabungan yang bisa digunakan untuk membayar pokok dan bunga utang. Kebijakan ini sangat disambut gembira lembaga kreditor. Tetapi, di sisi lain membuat daya beli rakyat turun," sambungya.

Menurut Rizal, ada cara lain yang bisa dilakukan oleh tim ekonomi Jokowi tanpa harus melakukan pemotongan anggaran. Yakni, mengimplementasikan gagasan nawacita Presiden Jokowi yang sesungguhnya.

"Strategi lain adalah dengan 'Growth Story'. Pemerintah harus punya kisah - kisah sukses pembangunan. Ini yang paling efektif untuk menambah pendapatan negara," ungkap mantan Menko Perekonomian era Gusdur itu.

"Kalau daerah-daerah dibangun dan dijadikan pusat pertumbuhan ekonomi baru seperti yang pernah dikerjakan. Maka ekonomi akan tumbuh merata, berbagai proyek pembangunan infrastuktur juga bisa dibiayai," tandasnya


0 Komentar