Kamis, 06 Juli 2017 23:18 WIB

Kemenpora Gelar Diklat 68 Paskibraka Nasional 25 Juli

Editor : Eggi Paksha
Pelaksana tugas Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Mardizal (tengah). (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menggelar pendidikan dan pelatihan 68 Petugas Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, 25 Juli-25 Agustus.

"Kami menyerahkan seleksi pasangan Paskibraka tahun ini ke masing-masing provinsi. Mekanisme ini berbeda dibanding tahun sebelumnya yaitu setiap provinsi mengirim empat orang dua pasangan putra-putri anggota Paskibraka," kata pelaksana tugas Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Mardizal, di Jakarta, Kamis (06/07/2017).

Kemenpora, lanjut Jonni, tetap mengharapkan masing-masing provinsi menyiapkan pasangan cadangan seandainya pasangan yang telah diseleksi tidak dapat melaksanakan tugas.

Jonni mengatakan pasangan cadangan Paskibraka Nasional dari 34 provinsi itu akan tetap berlatih di daerah masing-masing selama belum menggantikan pasangan utama yang mengikuti diklat Paskibraka 2017 di Jakarta.

"Presiden Republik Indonesia akan mengukuhkan 68 anggota Paskibraka 2017 pada 15 Agustus setelah mereka menggelar gladi bersih upacara Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka," kata Jonni didampingi Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda, Imam Gunawan.

Anggota-anggota Paskibraka Nasional 2017, lanjut Jonni, akan mengikuti Apel Kebangsaan 2017 bersama anggota Paskibraka 2017 tingkat Kabupaten/Kota dan tingkat Provinsi di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada 23 Agustus.

"Kami telah menerima nama 68 anggota Paskibraka Nasional 2017 sejak awal Juni karena mereka telah menjalani seleksi dari tingkat sekolah hingga nasional sejak Januari hingga Februari," katanya.

Meskipun telah lolos seleksi dan akan mengikuti diklat nasional sejak 25 Juli di Cibubur, Jonni mengatakan 68 anggota Paskibraka 2017 akan tetap dipantau sebelum dikukuhkan oleh Presiden RI sehingga kemungkinan peserta gagal dalam tahapan pendidikan dan pelatih tetap terbuka.

"Setelah menjalankan tugas menaikkan dan menurunkan bendera pustaka di Istana Merdeka, seluruh anggota Paskibraka 2017 akan mengikuti kunjungan ke sejumlah instansi pemerintah maupun swasta," ujarnya.(exe/ist)

0 Komentar