Rabu, 05 Juli 2017 20:41 WIB

PAN Minta Pemerintah Buat Aturan Jelas Soal Kenaikan Dana Parpol

Editor : Hendrik Simorangkir
Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI, Viva Yoga Mauladi. (Foto: Bili)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menyebutkan dana bantuan untuk partai politik (Parpol) akan mengalami kenaikan untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir.

Peningkatakan ini, kata Mendagri, akan dibahas dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017.

Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI, Viva Yoga Mauladi menyarankan agar pemerintah tepatnya Mendagri tidak memaksa untuk menaikan dana bantuan partai politik tersebut.

"Kalau PAN sih melihat kekuatan budget yang dimiliki oleh pemerintah saja. Kita tidak pernah memaksa harus dibiayai negara," ujar Viva di Komplek Parlemen Senayan, Rabu (5/7/2017).

Menurut Anggota Komisi IV DPR RI ini, negara yang memiliki sistem demokratis, membiayai atau memberikan bantuan parpol merupakan dengan kisaraan angka yang besar wajib dilakukan.

Seperti halnya, di Mexico dan Jerman yang setiap parpolnya bisa mendapat bantuan dana parpol dari kisaraan angka 30 persen hingga 70 persen dengan patokan jumlah syarat tertentu.

"KPK juga menyarankan kenaikan dana parpol agar lebih jelas memonitor alur dan untuk menularkan asas clean, kita silahkan saja. Tapi semua itu tergantung pemerintah. Sebab, kalau PAN sepakat dibiayai negara asal disesuaikan kekuatan budget," tandasnya.


0 Komentar