Selasa, 04 Juli 2017 17:31 WIB

Penyelidikan Penyebab Jatuhnya Helikopter Basarnas Harus Diketahui

Editor : Rajaman
Helikopter Basarnas Jatuh di Temanggung (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com -  Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengtakan, penyelidikan terkait penyebab jatuhnya helikopter milik Badan SAR Nasional di Jawa Tengah, Minggu (2/7/2017) harus benar-benar diketahui agar jelas.

"Ini harus diketahui apa yang menjadi penyebab, apa memang dari helikopternya, atau human error, atau anomali cuaca yang tidak terduga," kata Fadli Zon dalam keterangan pers, Selasa (4/7/2017).

Menurut dia, data mengenai mengapa penyebab tragedi itu terjadi harus bisa didapatkan karena seharusnya helikopter ini dinilai bisa terbang di cuaca kurang bersahabat.

Politikus Gerindra itu juga mengutarakan harapannya agar dengan diketahui penyebab kecelakaan maka juga akan dapat meminimalkan terulangnya kembali hal serupa ke depannya.

Sebagaimana diwartakan, delapan jenazah korban helikopter Basarnas Jawa Tengah yang jatuh di Kabupaten Temanggung, dilepas dengan upacara militer di Pangkalan Udara TNI Angkatan Darat (Lanumad) Bandara Ahmad Yani Semarang, Senin (3/7).

Upacara pelepasan jenazah itu dipimpin oleh Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI M. Syaugi, serta dihadiri antara lain Gubernur Ganjar Pranowo dan Kapolda Irjen Pol Condro Kirono.

Gubernur Ganjar dalam sambutannya menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya para pejuang kemanusiaan itu. "Mereka tim yang solid, memiliki semangat yang tidak pernah selesai," katanya.

Sebelumnya, tim Basarnas juga akan melakukan investigasi jatuhnya helikopter Basarnas Jawa Tengah di Desa Canggal, Candiroto, Kabupaten Temanggung.

Direktur Operasi dan Pelatihan Basarnas, Ahmad Ivan di Temanggung, Senin (3/7), mengatakan hari ini dijadwalkan tim Basarnas dari Jakarta akan melakukan investigasi untuk melihat dan mempelajari penyebab kecelakaan ini.

"Investigasi yang bergerak dari Basarnas, untuk Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) ada perintah selanjutnya," katanya.


0 Komentar