Senin, 03 Juli 2017 22:29 WIB

Pengangguran dan Minim Daya Saing Pemuda di Kompetisi Global Makin Krusial

Editor : Eggi Paksha
Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Jonni Mardizal (tengah). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan para menteri yang membidangi kepemudaan negara ASEAN dan negara mitra ASEAN (Jepang Korea Selatan, Tiongkok), 17-21 Juli 2017 di Jakarta.

Hal ini di sampaikan Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Jonni Mardizal, saat konfrensi pers terkait The Tenth ASEAN Ministerial Meeting on Youth (10th AMMY) dan The Sixth ASEAN Plus There Ministerial Meeting on Youth (6th AMMY +3) di Media Center Kemenpora, Jakarta, Senin (03/07/2017). 

AMMY adalah pertemuan tingkat menteri bidang kepemudaan negara ASEAN (Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philipina, Thailand, dan Vietnam) sebagai implementasi kesepakatan 12th ASEAN Summit"s Cebu Declarations Toward One Caring and Sharing Community Tahun 1992.  
 
AMMY diikuti oleh para Menteri Pemuda dari negara mitra ASEAN. Jonni yang didampingi Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Pemuda, Wisler Manalu, menyampaikan pertemuan yang diselenggarakan dua tahunan tersebut akan diikuti oleh menteri yang menangani kepemudaan untuk memberikan ruang lebih luas kepada kaum muda berkontribusi mewujudkan Community ASEAN (Komunitas ASEAN) dan memposisikan pemuda sebagai pemimpin masa depan.
 
“Tema yang diusung Indonesia pada AMMY kali ini adalah Proliferating Youth Entrepreneurship In ASEAN Community (Menumbuhkembangkan Kewirausahaan Pemuda dalam Komunitas ASEAN). Tema ini diangkat karena Indonesia mengingat masalah krusial saat ini adalah pengangguran pemuda dan minimnya daya saing pemuda dalam kompetisi global," ujar Jonni.
 
Sementara itu, Wisler Manalu manambahkan, akan ada pertemuan tiga Menteri Pemuda Jepang, Korsel dan Tiongkok. Dalam pertemuan ini  Indonesia akan memimpin sidang AMMY+3 untuk menetapkan Join Ministerial Statement Of AMMY+3.
 
“Kegiatan AMMY juga dikuti oleh perwakilan pemuda setiap negara ASEAN (4 orang pemuda setiap negara) yang berpartisipasi dan menyelenggarakan beberapa kegiatan, seperti ASEAN Youth Expo, ASEAN Youth Day Meeting (AYDM), ASEAN Youth Award dan TAYO ASEAN Award,” tambahnya.(exe/ist)

0 Komentar