Jumat, 30 Juni 2017 18:01 WIB

Jerman Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Editor : Hendrik Simorangkir

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pemerintah Jerman akhirnya melegalkan pernikahan sesama jenis, seperti beberapa negara barat lainnya yang juga memberikan hak pada pasangan gay dan lesbian, termasuk untuk mengadopsi.

Sebelumnya, partai-partai sayap kiri sangat mendukung berubahnya kode hukum Jerman yang akhirnya mendukung pernikahan sesama jenis. Para lesbian dan gay sendiri telah diizinkan menjadi pekerja sipil sejak 2001. 

"Saya akan menyarankan semua kantor registri di negara ini untuk meningkatkan jumlah staf," tutur Renate Kuenast politikus dari partai Hijau. 

Sementara itu, sekalipun menolak pernikahan sesama jenis, Kanselir Jerman, Angela Merkel berharap keputusan baru ini bisa membawa perubahan sosial yang positif. Merkel sendiri bersikukuh bahwa pernikahan hanya terjadi antara pria dan wanita.
 
Sudah jelas, kelompok gay dan lesbian bersorak atas hal ini. Mereka menilai ini sebagai sebuah pengakuan. 

"Ini adalah pengakuan yang nyata, sungguh menghangatkan hati," kata seorang insinyur Prancis Christophe Tetu (46), yang tinggal di Berlin bersama pasangannya Timo Strobel (51). 

"Kami berpikir mengadakan pesta, menikah dan menggunakan hak baru kami untuk melindungi hubungan kami," sambung dia kepada AFP.

Dilansir dari The Telegraph, Undang-undang pernikahan yang baru ini mungkin mulai berlaku sebelum akhir 2017.

 

Sumber: antara


0 Komentar