Jumat, 30 Juni 2017 18:01 WIB

Pemudik Diminta Jangan Jajan Sembarangan

Editor : Rajaman
Lebaran ke Dua Pemudik Masih Padati Stasiun Gambir (dok/evi)

BANDUNG, Tigapilarnews.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek mengatakan, puncak arus balik Lebaran 2017 baru akan terjadi hari ini. Pesan Menkes pada pemudik agar memperhatikan selalu kesehatan manusia, serta kendaraannya.

"Masyarakat saya imbau betul bahwa sebelum berangkat (balik lebaran) sudah gembira. Untuk itu kembali dicek kesehatan dan kendaraan. Jangan lupa jangan makan jajan sembarangan. Jangan minum obat-obatan yang memberi rasa kantuk," kata Menkes usai meninjau jalur selatan yang berujung di persimpangan Cileunyi, Kabupaten Bandung bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Jumat (30/6/2017).

Nila berharap pemudik untuk memperhatikan hal-hal kecil seperti itu. Meski kadang terkesan ringan tapi dampak dari kesehatan itu kerap menjadi masalah besar.

"Ini saya titip betul. Kesehatan memang dihilir tapi kalau sudah kecelakaan bisa jadi masalah berat," imbuhnya.

Sementara itu, Budi Karya menambahkan, evaluasi secara keseluruhan terkait musim mudik dan balik Lebaran 2017 ini memang sudah cukup baik. Beberapa pihak strategis yang berkepentingan untuk mengamankan tradisi tahunan umat muslim tersebut berjalan maksimal.

"Saya begitu senang dan bahagia dengan team work mudik ini. Kapolri, Menhub, Menkes Gub dengan itu kita bisa melaksanakan dengan baik," jelasnya di tempat sama. Namun memang Jabar yang menjadi titik strategis arus mudik dan balik kerap menjadi provinsi yang paling sibuk.

Dalam catatannya jalur selatan masih menjadi pekerjaan rumah, setelah jalur utara bisa teratasi dengan hadirnya Tol Cipali. Dengan jarak dan kendaraan yang sama, pemudik yang menggunakan jalur selatan dan utara memiliki selisih lima jam untuk sampai ke titik.


0 Komentar