Rabu, 28 Juni 2017 08:57 WIB

Klinik di Depok Segera Dilayani BPJS Kesehatan

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi BPJS Kesehatan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Kota Depok menargetkan seluruh klinik di Depok bisa melayani BPJS Kesehatan pada 2017.

Data Asosiasi Klinik (Asklin) Kota Depok menyebutkan hingga kini sekitar 90 persen klinik di Depok sudah menjalin kerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan.

Ketua Asklin Kota Depok, Fakhrur Razi, mengatakan untuk mewujudkan target tersebut, pihaknya akan mendorong setiap klinik yang menjadi anggotanya, agar segera menyelesaikan proses pengajuan kerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan.

"Jadi salah satu fokus kepengurusan Asklin Depok periode 2017-2020 adalah agar membantu proses pengajuan kerja sama oleh anggota kami tersebut," katanya, Selasa (27/06/2017).

Selain mendorong penyelesaian pengurusan kerjasama, pihaknya juga akan membantu setiap klinik yang ada di Kota Depok untuk memenuhi sejumlah kriteria agar dapat dikatakan sebagai klinik yang ideal.

Sehingga, proses pengurusan kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan tersebut, lebih cepat dan mudah. 

"Idealnya, sebuah klinik minimal memiliki dua dokter umum dan satu orang dokter gigi. Kemudian untuk layanan pengobatannya diupayakan satu atap atau satu pintu, serta bentuk pelayanannya terhadap masyarakat dinilai cepat," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Noerzamanti Lies, mengatakan fasilitas kesehatan di Kota Depok relatif terjangkau oleh masyarakat dan mudah diakses.

Sedangkan untuk rujukan, dibutuhkan lebih banyak lagi rumah sakit milik pemerintah di Kota Depok, selain RSUD Kota Depok dan rencana RSUD baru yang akan dibangun di wilayah Tapos. 

"Mayoritas gangguan kesehatan yang dialami oleh warga Depok adalah infeksi saluran pernafasan, ini mungkin karena pengaruh dari polusi," katanya.(exe/ist)


0 Komentar