Kamis, 22 Juni 2017 12:01 WIB

Pemudik Diimbau Tidak Konsumsi Makanan Sembarangan

Editor : Rajaman
Nila F Moeloek Lepas Mudik Karyawan Kemenkes (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengimbau para pemudik untuk tidak mengonsumsi makanan sembarangan guna mencegah agar tidak terjadi gangguan kesehatan dalam perjalanan.

"Bawa makanan yang bisa mengisi selama perjalanan. Jangan makan makanan yang tidak baik, karena kalau sakit akan merepotkan," kata Nila saat melepas rombongan bus mudik bareng di kompleks Kementerian Kesehatan Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Apalagi, tambah Nila, bagi pemudik yang membawa anak-anak agar tidak sembarangan dalam memberikan makanan pada anak.

Menkes juga berpesan agar selalu mengecek kondisi kesehatan di pos kesehatan apabila berhenti di area peristirahatan.

"Hati-hati tidak menerima makanan dari orang sembarangan, atau menitipkan barang kepada orang yang tidak dikenal. Sekarang zaman berubah apapun bisa terjadi,"�kata Nila.

Nila juga menekankan pada pengemudi agar bisa mengukur ketahanan tubuh dalam mengemudi.

"Pengemudi juga, kalau kelelahan jangan dipaksakan, istirahat, harus diganti. Pengemudi juga jangan makan obat sembarangan," kata dia.

Menurut dia, mengonsumsi obat yang memiliki efek samping seperti menimbulkan kantuk bisa membahayakan dalam mengemudi.

Nila meminta para pengemudi agar menaati peraturan dan arahan petugas kepolisian yang mengatur lalu lintas di jalur mudik.

"Pemerintah sudah melakukan berbagai cara agar tidak terjadi kemacetan, taati peraturan arahan dari kepolisian, jangan menyerobot dan sebagainya," kata Nila.

 


0 Komentar