Jumat, 16 Juni 2017 14:14 WIB

Jelang HUT ke-490 Jakarta, Djarot Ziarah ke Makam Pahlawan

Reporter : Evi Ariska Editor : Hermawan
Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jaksel, Jumat (16/6/2017). Foto: Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan setiap tahun melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (16/6/2017).

Beberapa makam yang diziarahi Djarot, yaitu makam walikota pertama DKI Jaya Suwirjo, Jenderal Ahmad Yani, Letjen S Parman, Letjen R Suprapto, dan Sudiro Hardjodisastro.

"Kenapa kami ke sini setiap hari ulang tahun Jakarta, supaya seluruh pejabat dan pegawai Pemprov DKI mengetahui sejarah asal usul dari Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta . Saya harapkan mereka paham integritas dari para pendiri atau pelatak dasar pemerintah Jakarta," kata Djarot.

Dengan cara seperti ini, Djarot menilai, para pegawai Negri Sipil (PNS) akan lebih bersemangat dan menjadi sosok yang berintegritas untuk melayani warga Jakarta.

Sebab, kata Djarot pemerintahan DKI Jakarta dibentuk dengan tujuan melayani warga sebaik-baiknya tanpa melakukan korupsi.

"Anda bisa melihat mereka semua cucunya sederhana itu profil pejabat kita di masa lalu," imbuhnya.

Mantan walikota Blitar ini membeberkan cerita singkatnya bersama Kapolda Irjen M Iriawan  dan Pangdam Jaya TNI Mayjen Jaswandi terkait demokrasi di Indonesia.

"Tadi saya cerita sama Pak Kapolda dan Pak Pangdam bahwa dulu pada awalnya walikota maupun gubernur Jakarta yang memilih pemerintah pusat. Sejak zaman Pak Wiryo  sampai Pak Ali Sadikin itu yang memilih pemerintah pusat. Karena dulu gubernur selevel dan setingkat menteri. Kemudian karena proses demokrasi, maka gubernur tidak lagi dipilih pemerintah pusat,” ungkapnya.

"Inilah makna dari daerah khusus ibukota. Sama seperti di ibukota enggak ada kota otonom. Tapi, kota administratif karena walikota diangkat gubernur termasuk bupati," ujar Djarot

Dalam ziarah ini, Djarot dan sejumlah pejabat di DKI lebih dahulu melakukan upacara dan tabur bunga. Hadir dalam ziarah ini, yaitu Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Jaswandi.

 


0 Komentar