Kamis, 15 Juni 2017 21:31 WIB

Cina Bidik Tuan Rumah Piala Dunia

Editor : Eggi Paksha
Presiden China, Xi Jinping dan Presiden FIFA, Gianni Infantino. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Cina, Xi Jinping, mengatakan kepada Presiden FIFA, Gianni Infantino, bahwa dia mengharapkan Cina menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Hal itu dikatakan langsung oleh Xi Jinping kepada FIFA setelah pertemuan intens di Beijing, Rabu (15/06/2017). Xi merupakan seorang penggemar berat sepak bola, dan ia telah meluncurkan rencana ambisius dalam memajukan sepak bola Cina.

Xi mengaku menginginkan negaranya lolos ke Piala Dunia, lalu menjadi tuan rumah turnamen itu dan akhirnya menjuarainya.

Belakangan, Cina telah menamamkan modal sangat besar dalam sepak bola, dengan menyewa para pemain dan pelatih kelas dunia. Itu dilakukan oleh pemerintah guna memajukan Liga Super China sekaligus menambah jam terbang pemain domestik menghadapi pemain luar negeri.

"Presiden Cina mengutarakan harapannya, dan impian banyak warga China, bahwa negara ini bisa punya kesempatan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada suatu saat nanti," beber Presiden FIFA, Gianni Infantino, seperti dilaporkan oleh Reuters.

Ditambahkan dalam informasi terakhir, berkembang spekulasi bahwa Cina membidik Piala Dunia 2030 atau 2034 untuk digelar di Negeri Tirai Bambu.

China sendiri saat ini berada pada peringkat 82 dalam daftar rangking FIFA.  Negara ini hanya pernah sekali lolos ke Piala Dunia pada edisi 2002 di Korea Selatan dan Jepang. Cina kalah pada semua dari tiga pertandingannya di fase grup.(exe/ist)


0 Komentar