Kamis, 15 Juni 2017 17:12 WIB

Bus Mudik Lebaran yang Lolos Uji Ramp Check Akan Diperiksa Ulang

Reporter : Evi Ariska Editor : Hendrik Simorangkir
Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menyatakan dari 3.674 bus yang akan digunakan untuk transportasi mudik, 40 persen bus belum memenuhi kelaikan jalan. Karena itulah, ia meminta agar bus tersebut diperbaiki sampai H-10 Lebaran.

Menanggapi hal itu, Wakil Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi Pemprov DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, dari 3.674 baru 60 persen yang akan dipasangi stiker dari Kementerian Perhubungan. Meski demikian pihaknya akan melakukan ramp check ulang sebelum bus-bus itu mengantarkan penumpang ke tujuan masing-masing.

"Kita akan melakukan pengecekan ulang memastikan kondisi bus laik jalan. Kelaikan itu akan dicek saat ingin pemberangkatan, ramp check," kata Sigit saat dikonfirmasi, Kamis (15/6/2017).

Dengan cara tersebut, ia menjelaskan, Dinas Perhubungan telah memastikan kondisi bus tersebut dalam keadaan laik jalan, sehingga keselamatan penumpang terjamin. Kemudian, jika saat dicek tidak laik, maka Perusahaan Otobus (PO) harus mengganti armadanya.

"Artinya kan begini, kalau pas waktu di ramp check enggak lulus, si PO harus menyediakan bus pengganti. Sehingga penumpang tidak dikorbankan," pungkasnya.


0 Komentar