Selasa, 13 Juni 2017 23:30 WIB

Unair Terima 1.972 Mahasiswa Baru dari Jalur SBMPTN

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi mahasiswa baru. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Universitas Airlangga (Unair) Surabaya di Jawa Timur menerima sebanyak 1.972 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2017.

"Unair tahun ini menerima 1.972 mahasiswa baru dari SBMPTN. Secara gender, 38 persen adalah laki-laki dan 62 persen adalah perempuan. Jumlah penerimaan tersebut berasal dari lebih 10 ribu pendaftar SBMPTN yang memilih Unair," kata Rektor Unair, Prof M. Nasih saat memberi keterangan SBMPTN di Surabaya, Selasa (13/06/2017).

Nasih mengatakan, tahun ini Unair masih didominasi oleh calon mahasiswa baru asal Jawa Timur. Berdasarkan data yang dia lansir dari panitia pusat, sebanyak 1.502 calon mahasiswa baru jalur SBMPTN berasal dari Jawa Timur. Sedangkan, sebanyak 98 orang lainnya berasal dari DKI Jakarta, disusul 92 orang dari Jawa Barat.

Meski didominasi Jatim, namun calon mahasiswa baru Unair jalur SBMPTN berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. "Jumlahnya menyebar. Ada yang berasal dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi sampai Papua," tutur Nasih.

Nasih mengungkapkan, Program Studi S1 Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat adalah prodi yang memiliki tingkat keketatan tertinggi di Unair. Prodi tersebut memiliki tingkat keketatan sebesar 1 banding 49. 

Sedangkan, dari rumpun ilmu sosial, prodi S1 Ilmu Komunikasi memiliki tingkat keketatan sebesar 1 banding 38. Menurut dia tingkat keketatan di kedua prodi tersebut disebabkan karena daya tampung yang sedikit. 

Sementara prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menjadi jurusan favorit pendaftar SBMPTN kelompok ilmu pengetahuan sosial. Jumlah pendaftarnya mencapai 2.806 orang. 

"Sedangkan, pada kelompok ilmu pengetahuan alam, prodi S1 Pendidikan Dokter memiliki jumlah pendaftar yang paling banyak," katanya.

Berdasarkan data yang dilansir oleh Kemenristekdikti, Unair menempati posisi kelima dengan jumlah nilai rata-rata terbaik secara nasional. Namun, peraih nilai tes prodi bahasa tertinggi nasional diraih oleh calon mahasiswa baru Unair Prodi S1 Sastra Inggris dengan total nilai 681.

Sementara di tingkat Universitas, peraih nilai tertinggi SBMPTN berasal dari prodi S1 Pendidikan Dokter dengan nilai lebih dari 800.

Nasih mengatakan, untuk kuota Bidikmisi Unair pada tahun 2017 mencapai 1.050 orang. Jumlah tersebut baru terisi 738 orang dengan rincian 457 calon mahasiswa baru jalur SNMPTN dan 281 jalur SBMPTN. 

"Artinya, sebanyak 312 orang masih berpeluang untuk meraih beasiswa Bidikmisi dari seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang sarjana jalur Mandiri dan jenjang Diploma," ucapnya.

Terkait penerimaan jalur S1 Mandiri, Nasih mengatakan bahwa pihak Unair tengah dalam proses meminta data nilai SBMPTN milik para pendaftar jalur Mandiri kepada panitia pusat.

"Tanggal 14 dan 15 data baru kita peroleh. Tanggal 16 kita rapatkan hasilnya, dan tanggal 17 akan diumumkan," kata Nasih.(exe/ist)


0 Komentar