Selasa, 13 Juni 2017 21:31 WIB

Mantan Superstar NBA Lakukan "Diplomasi Bola Basket" di Korut

Editor : Yusuf Ibrahim
Dennis Rodman. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Mantan superstar NBA, Dennis Rodman, dijadwalkan mendarat di Pyongyang hari ini, di tengah ketegangan Amerika Serikat dan Korea Utara.

Belum jelas maksud kunjungan tersebut, namun sejumlah media asing menulisnya sebagai 'Diplomasi Bola Basket'.

Rodman pertama kali diketahui bermaksud ke Pyongyang ketika 'kepergok' jurnalis di bandara internasional Beijing, China. Rodman yang mengenakan kaos dan topi serta kacamata serba hitam tidak memberikan komentar apa pun kepada media. 

Kunjungan Rodman ke Korea Utara terjadi di tengah meningkatnya ketegangan kedua negara terkait uji coba nuklir dan misil balistik. Tak heran, media asing menyebut Rodman sebagai utusan tak resmi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Sebelumnya Rodman pernah mengajak pebasket NBA lainnya untuk berkunjung ke Korea Utara. Tepatnya pada 2014, mantan bintang Chicago Bulls bersama rekan-rekannya tampil menghibur di acara ulang tahun pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Setahun kemudian, Rodman kembali ke Korea Utara untuk membuat film dokumenter tim basket Harlem Globetrotters. Sejak saat itu politikus di AS mulai berspekulasi terhadap pemain yang telah merebut lima gelar juara NBA bersama Detroit Pistons dan Chicago Bulls.(exe/ist)


0 Komentar