Selasa, 13 Juni 2017 18:40 WIB

Cek Kelayakan Kendaraan, Lima Bus di Terminal Kalideres Tidak Laik Jalan

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hendrik Simorangkir
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPTJ, Bambang Prihartono di Terminal Kalideres. (Foto: Ryan Suryadi)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pengecekan kesiapan Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengecek fasilitas dan bus di Terminal Kalideres ini. 

"Saat ini, sedang mengecek kesiapan arus lebaran. Saya ditugaskan oleh pak menteri untuk keliling. Dari toilet, musala, tempat istirahat supir, kelihatannya tersedia dengan baik. Memang, yang menjadi PR kita itu adalah bus itu sendiri," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPTJ, Bambang Prihartono di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (13/6/2017).

Bambang memang berkeliling Terminal Kalideres. Ia melihat toilet, rencana pemberangkatan, musala, dan ikut ramp check salah satu bus. 

"Sekarang 5 bus yang lakukan ramp check. Dan terus terang, kami agak kecewa, bus yang tersedia jauh dari yang kita harapkan," jelasnya. 

Bambang mengatakan, salah satu bus memiliki kursi penumpang lebih dari kapasitas. Hal itu bisa membahayakan karena ada kelebihan beban.

"Bervariasi (jenis kegagalan), dari yang ada. Dalam ijin, kapasitas 25 penumpang, tapi sehat (kursi) 35. Kemudian alat pemadam kebakaran sudah expired," katanya.

Sementara, Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain menjelaskan, lima bus yang tidak lolos ramp chek hari ini tidak ada masalah keselamatan. Ada masalah lain yang menjadi penyebab bus tersebut tidak lolos.

"Yang lima tadi itu bukan teknis keselamatan seperti rem, lampu. Itu kekurangannya, misal seat 28 dia bikin 35. Kalau seatnya dicopot, nanti dia bisa dinyatakan lulus," pungkas Revi.


0 Komentar