Minggu, 11 Juni 2017 12:10 WIB

PBB Didesak Tetapkan Hamas Jadi Kelompok Teroris

Editor : Yusuf Ibrahim
Gerakan Hamas Palestina. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Perwakilan Tetap Israel untuk PBB, Danny Danon, mendesak Dewan Keamanan (DK) PBB untuk menetapkan gerakan Hamas Palestina sebagai organisasi teroris.

Ia menuding Hamas telah menyalahgunakan infrastruktur sipil. Dalam suratnya kepada Presiden DK PBB, Sacha Sergio Llorenty Soliz, Danon mengatakan bahwa Hamas telah membangun sebuah terowongan di bawah dua sekolah yang berdekatan dengan Badan Bantuan dan Perburuhan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) di Jalur Gaza.

"Saya meminta Dewan Keamanan untuk betul-betul dan tegas mengecam Hamas dan penyalahgunaan infrastruktur sipil secara berulang, dan menunjuk kelompok ini sebagai organisasi teroris," kata Danon seperti dikutip dari Sputniknews, Minggu (11/06/2017). 

"Sangat penting bahwa Dewan untuk memastikan bahwa semua badan yang berafiliasi dengan PBB, dan terutama UNRWA, tetap netral dan terlindungi dari penyalahgunaan oleh organisasi teroris," tulis Danon dalam surat yang diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri Israel di Twitter.

Dalam dokumen tersebut, Danon menggambarkan pembangunan sebuah terowongan di bawah ruang kelas. Ia menyebut hal ini sebagai upaya yang paling dalam dari Hamas untuk secara sistematis mengeksploitasi organ-organ PBB.

Hal ini tidak hanya menempatkan orang-orang yang tinggal di Israel dan Gaza beresiko tapi juga sangat merusak usaha kemanusiaan di Gaza.

"Meskipun ada upaya berulang dari delegasi saya, laporan kami tentang penumpukan militer Hamas dan penggunaan anak-anak dalam kampanye militer telah jatuh di telinga yang tuli. Kali ini, masyarakat internasional tidak boleh menutup mata terhadap eksploitasi sinis seperti itu," Danon menekankan dalam suratnya.

"Surat yang sama juga dikirim ke Sekretaris Jenderal PBB Antonio Gunerres," imbuh Danon.

Otoritas Israel telah mencari dan mengungkap jaringan terowongan bawah tanah Hamas sejak perang Gaza 2014. Terowongan-terowongan ini kerap digunakan untuk menyerang tentara Israel di dekat perbatasan dengan Gaza.(exe/ist)


0 Komentar