Selasa, 06 Juni 2017 19:00 WIB

Hari Lahir Soekarno, Djarot Soroti Kedaulatan Pangan

Reporter : Evi Ariska Editor : Hendrik Simorangkir
Djarot Soroti Hari Lahir Soekarno. (Foto: Evi Ariska)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Saat meresmikan mesin penyimpanan bawang merah dan cabai controlled atmosphere storage (CAS), Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyoroti hari lahirnya Proklamator RI Ir Soekarno.

"Hari ini tanggal 6 Juni itu hari lahir Bung Karno, proklamator RI. Kalau beliau hidup usianya sudah 116 tahun. Di 3/4 hidupnya itu dipersembahkan untuk Indonesia dari penjara ke penjara demi cita-cita Indonesia merdeka, dari pembuangan ke pembuangan," ujar Djarot saat memberikan sambutan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (6/6/2017).

Mantan Walikota Blitar ini mengungkapkan, mengoperasionalisasikan pancasila seperti cita-cita Bung Karno, yaitu untuk membuat Indonesia merdeka dan mewujudkan Trisakti.

"Apabila kita betul-betul berdaulat di bidang politik. Di dalam persoalan politik dalam negeri dan luar negeri kita punya kedaulatan. Kita tidak bisa di dikte negara lain demi kepentingan rakyat Indonesia," ungkapnya.

Lanjutnya, kedaulatan yang kedua berada pada bidang ekonomi yang menyangkut kedaulatan pangan.

"Kalau kita kedaulatan pangan, maka kita tidak bisa di dikte oleh pangan-pangan dari luar. Petani kita tidak bisa di dikte, harga tidak bisa mereka dikte tapi yang mengontrol adalah kita sendiri karena kita punya kedaulatan," pungkasnya.


0 Komentar