Minggu, 04 Juni 2017 12:47 WIB

Komisi XI : Proyeksi Inflasi dari BPS Cukup Optimis

Reporter : Bili Achmad Editor : Sandi T
Anggota Komisi XI DPR, Donny Imam Priambodo. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota Komisi XI DPR, Donny Imam Priambodo menilai, proyeksi inflasi dari BPS cukup optimis. Donny berharap semoga terealisir, karena resiko inflasi di semester ke-2 di tahun 2017 cukup besar yang berasal dari potensi adanya kebijakan kenaikan harga BBM dan LPG. Sementara, Bank Indonesia sendiri telah memperkirakan proyeksi inflasi 2017 berada di range 3%-5% atau 4%+/-1%.

Seperti diketahui, Angka inflasi Mei 0,39% (mtm), 4,33% (yoy) dan 1,67% (ctc), Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan inflasi sampai akhir tahun mencapai 3,96%. 

"Penurunan suku bunga relatif terhambat saat ini karena tekanan perkembangan global yang kuat (utamanya kenaikan FFR) dan domestik (seperti kenaikan harga BBM, tekanan fiskal, depresiasi Rupiah, NPL perbankan yang naik) berdampak pada gilirannya pada ekspektasi inflasi dan depresiasi yang tinggi," kata Donny dalam keterangan persnya, Minggu (4/6/2017).

Tingginya inflasi 2017, menurut politisi Nasdem itu disebabkan karena inflasi dari sisi kebijakan harga pemerintah di sektor energi yaitu kenaikan tarif listrik dan mungkin penyesuaian harga BBM dan LPG. 

Oleh karena  itu, upaya koordinasi Bank Indonesia dan Pemerintah yang perlu disegerakan di bidang pengendalian inflasi diarahkan paling tidak dengan menjaga inflasi pangan (volatile food) tetap rendah, misalnya di kisaran 4%-5% (dari perkiraan sekitar 7%-9%) sehingga dapat menekan total inflasi agar tidak terlalu tinggi. 

"Pengendalian inflasi volatile food sangat penting terutama di masa puasa dan lebaran ini yang siklusnya meningkat," tutupnya


0 Komentar